DETERMINAN ECOLOGICAL FOOTPRINT UNTUK MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA NEGARA EMERGING MARKET

Muh. Irnandas, NIM.: 21208012035 (2023) DETERMINAN ECOLOGICAL FOOTPRINT UNTUK MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA NEGARA EMERGING MARKET. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN ECOLOGICAL FOOTPRINT UNTUK MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA NEGARA EMERGING MARKET)
21208012035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN ECOLOGICAL FOOTPRINT UNTUK MENCAPAI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA NEGARA EMERGING MARKET)
21208012035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan lingkungan adalah hal yang sangat penting dan harus menjadi aspek perhatian bagi setiap negara. Beberapa dekade terakhir, telah muncul konsensus yang berkembang antara ilmuwan ilmiah, energi, dan lingkungan mengenai dampak ancaman perubahan iklim terhadap kehidupan manusia, kesehatan manusia, dan kualitas lingkungan untuk generasi mendatang. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, konsumsi energi, urbanisasi, keterbukaan perdagangan, human capital, dan investasi asing langsung terhadap kerusakan lingkungan ditinjau dari ecological footprint di negara Emerging Market dengan globalisasi dan financial development sebagai variabel moderasi. Selain itu, penelitian ini mengguanakan Fixed Effect Cross-Section Weights (GLS) untuk menganalisis data. Hasil dari pengujian statistik semua variabel independen memiliki pengaruh signifikan kecuali investasi asing langsung. Selain itu financial development mampu memoderasi urbanisasi dalam pengaruhnya terhadap ecological footprint. Selain itu globalisasi mampu memoderasi pertumbuhan ekonomi dan human capital dalam pengaruhnya terhadap ecological footprint. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam rangka mengurangi kerusakan lingungan ditinjau dari jejak ekologi perlu regulasi dan perhatian khusus dari berbagai pihak sehingga dapat mngurangi kerusakan lingkungan di negara emerging market.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: ecological footprint; konsumsi energi; urbanisasi; keterbuakaan perdagangan; human capital; infestasi asing langsung; financial development
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jan 2024 16:21
Last Modified: 19 Jan 2024 16:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum