TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP PROFETIK TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER I

Eni Mawarti, NIM.: 07410007 (2011) TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP PROFETIK TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP PROFETIK TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER I)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP PROFETIK TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER I)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya pelajar muslim yang mengetahui nilai-nilai ajaran agama Islam, tetapi perilakunya tidak relevan dengan nilai-nilai ajaran agama yang diketahuinya. Ini semua karena pendidikan agama yang ada saat ini lebih berorientasi pada belajar tentang agama yang cenderung lebih mengedepankan aspek kognisi (pemikiran) daripada afeksi (rasa) dan psikomotorik (tingkah laku). Misalnya saat ini sering dijumpai kasus pencurian, perkelahian, perampokan, seks bebas dan perilaku negatif lainnya yang dilakukan oleh pelajar muslim. Merosotnya moral dan akhlak pelajar atau siswa disebabkan antara lain akibat kurikulum pendidikan agama yang terlampau padat materi, dan materi tersebut lebih mengedepankan aspek pemikiran dari pada membangun kesadaran keberagamaan yang utuh. Salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan ini adalah dengan memberikan kemasan materi pendidikan agama Islam yang dapat membangun kesadaran keberagamaan yang utuh, sehingga dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kemasan materi tersebut dapat diperoleh melalui berbagai cara, salah satunya yaitu melalui tinjauan prinsip-prinsip Profetik terhadap materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Profetik apa saja yang dapat diintegrasikan ke dalam materi pendidikan agama Islam dan bagaimana hasil tinjauan prinsip-prinsip Profetik terhadap materi pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas kelas X semester I. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil obyek materi pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas kelas X semester I dan menggunakan prinsip-prinsip Profetik sebagai alat analisisnya. Pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan studi dokumentasi, yaitu metode yang mencari data mengenai hal-hal atau variable yang merupakan catatan, transkrip, buku, majalah, dan yang lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan analisis isi yaitu dengan cara mengupas secara mendalam tentang isi materi pelajaran PAI melalui tinjauan prinsip-prinsip Profetik dengan cara menuturkan, menganalisa, dan mengklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat tiga nilai-nilai prinsip Profetik yang dapat diintegrasikan ke dalam materi PAI, yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi. (2) Dalam materi PAI di Sekolah Menengah Atas Kelas X Semester I sudah mengandung prinsip-prinsip Profetik yaitu humanisasi, liberasi dan transendensi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj. Susilaningsih, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Penyusunan Materi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2023 15:08
Last Modified: 17 Nov 2023 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum