MENUNDA TUGAS AKADEMIK DENGAN BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG STUDI KASUS RASIONALITAS DI KOMUNITAS MOBILE LEGENDS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

Mohammad Fajar Madani, NIM.: 18107020056 (2023) MENUNDA TUGAS AKADEMIK DENGAN BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG STUDI KASUS RASIONALITAS DI KOMUNITAS MOBILE LEGENDS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENUNDA TUGAS AKADEMIK DENGAN BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG STUDI KASUS RASIONALITAS DI KOMUNITAS MOBILE LEGENDS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
18107020056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENUNDA TUGAS AKADEMIK DENGAN BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG STUDI KASUS RASIONALITAS DI KOMUNITAS MOBILE LEGENDS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
18107020056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan akademik telah menjadi bagian yang tidak terlepas dari seorang mahasiswa. Efektifitas waktu studi harus diatur dengan baik agar dapat mendapat gelar secara maksimal. Kesibukan seorang mahasiswa tentu bukan hanya sebatas kegiatan akademik saja, sebagian mahasiswa mengikuti kegiatan-kegiatan di luar akademik seperti mengikuti UKM maupun komunitas. Tak jarang bagi seorang mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan bakat maupun mintanya, selain itu juga didasari pada hobi yang digeluti oleh para mahasiswa. Salah satunya terdapat komunitas game online yang telah merambah ke kalangan mahasiswa. Kebiasaan game online tentunya banyak menyita waktu mahasiswa sehingga menjadi salah satu faktor tertundanya tugas-tugas yang semestinya harus dilakukan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci bagaimana pengaruhnya game online khususnya Mobile Legends dengan kegiatan akademik mahasiswa serta menjelaskan alasan rasional apa saja ketika mahasiswa kerap menunda tugas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Rasionalitas yang dikemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bahwa kebiasaan bermain game Mobile Legends mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap kegiatan akademik mahasiswa. Hal tersebut dapat dilihat melalui fenomena menunda tugas yang sering kali diwajarkan, kebiasaan bermain game dapat memakan waktu hingga berjam-jam, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan tugas ditunda dan dihabiskan untuk bermain game. Selain pengaruh dari kebiasaan bermain game, terdapat alasan yang rasional lainnya yang menyebabkan mahasiswa menunda tugas akademiknya yakni memicu adrenalin ketika mengerjakan tugas mendekati deadline, faktor dosen yang memberikan tugas sampai pada faktor mudah atau sulitnya sebuah tugas tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ui Ardaninggar Luhtitianti, M.A
Uncontrolled Keywords: rasionalitas, andrenalin; game, Mobile Legends Community
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jan 2024 10:00
Last Modified: 23 Jan 2024 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum