HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN GENERASI MILLENIALS DENGAN JOB MISMATCH (VERTICAL MISMATCH DAN HORIZONTAL MISMATCH) SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

Natasha Putri Irawanda, NIM.: 19107010120 (2023) HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN GENERASI MILLENIALS DENGAN JOB MISMATCH (VERTICAL MISMATCH DAN HORIZONTAL MISMATCH) SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN GENERASI MILLENIALS DENGAN JOB MISMATCH (VERTICAL MISMATCH DAN HORIZONTAL MISMATCH) SEBAGAI VARIABEL MODERATOR)
19107010120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KARYAWAN GENERASI MILLENIALS DENGAN JOB MISMATCH (VERTICAL MISMATCH DAN HORIZONTAL MISMATCH) SEBAGAI VARIABEL MODERATOR)
19107010120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Adanya fenomena job mismatch tentunya membuat karyawan dituntut untuk memiliki penguasaan terhadap jenis pekerjaan serta lingkungan baru dimana mereka tinggal. Hal tersebut menyebabkan tekanan psikologis yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang tidak mengalami job mismatch. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai hubungan antara penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis dengan job mismatch baik secara horizontal mismatch maupun vertical mismatch pada karyawan generasi millenials. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 342 karyawan generasi millenials yang bekerja di berbagai instansi provinsi DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penyesuaian diri memiliki hubungan negatif dengan kesejahteraan psikologis dengan signifikansi 0,000 (<0,05), maka dari itu hipotesis 1 (H1) dalam penelitian ini ditolak. Adapun vertical mismatch terbukti memoderasi serta melemahkan hubungan positif antara penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis dengan signifikansi 0,015 (<0,05). Sementara itu, horizontal mismatch juga terbukti memoderasi serta melemahkan hubungan positif antara penyesuaian diri dan kesejahteraan psikologis dengan signifikansi 0,017 (<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 2 (H2) dan hipotesis 3 (H3) dalam penelitian ini diterima, dengan kata lain job mismatch baik secara horizontal mismatch maupun vertical mismatch dapat melemahkan hubungan positif antara penyesuaian diri dan kesejahteraan karyawan generasi millenials dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: millennial generation employees; personal adjustment; psychological well-being, vertical mismatch
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jan 2024 15:13
Last Modified: 23 Jan 2024 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum