HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Jeni Septia Nungki, NIM.: 19107010142 (2023) HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL)
19107010142_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL)
19107010142_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu hasrat yang mendorong siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang maksimal. Berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi, banyak lembaga pendidikan memanfaatkan literasi digital yang diupayakan untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Literasi digital merupakan suatu kemampuan dalam menggunakan perangkat teknologi secara bijak dan bertanggung jawab guna mendapatkan berbagai jenis informasi dari berbagai sumber. Sekarang ini literasi digital sangat berpengaruh bagi pelajar untuk mencari materi pelajaran yang kurang dipahami. Literasi digital mampu digunakan sebagai penyelesaian peningkatkan motivasi untuk belajar bagi siswa, mengingat semakin pesatnya kemajuan teknologi dan mudahnya pengaksesan setiap pengguna. Tujuan Penelitian ini ialah mengetahui seberapa pengaruh literasi digital yang dimiliki siswa terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif Ponjong dengan sampel 107 siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Statistics Version 25.0 dan Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini dari hasil uji hipotesis meunjukan bahwa literasi digital pada siswa memiliki hubungan positif dan signifikan secara kuat dengan motivasi belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan literasi digital yang di miliki siswa, maka semakin tinggi motivasi belajar yang ada di dalam diri siswa. Sebaliknya apabila kurangnya pengetahuan terhadap litetasi digital pada siswa akan semakin menurunya pula motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan dan perpengaruh positif antara literasi digital dan motivasi belajar siswa SMK Ma’arif Ponjong Kabupaten Gunung Kidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zidni Immawan Muslimin, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Internet Literacy; Learning Motivation
Subjects: Psikologi
Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jan 2024 10:40
Last Modified: 24 Jan 2024 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum