LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PENYANDANG DISABILITAS Studi Pada Program Barista Inklusif Cafe Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta

Nurhikmah.M, NIM.: 21200012065 (2023) LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PENYANDANG DISABILITAS Studi Pada Program Barista Inklusif Cafe Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PENYANDANG DISABILITAS Studi Pada Program Barista Inklusif Café Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta)
21200012065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIR TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PENYANDANG DISABILITAS Studi Pada Program Barista Inklusif Café Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta)
21200012065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 telah mengatur tentang penghormatan dan sikap menghargai keberadaan penyandang disabilitas dengan segala hak yang melekat tanpa berkurang. Pada faktanya, regulasi tersebut belum berjalan maksimal dalam mereduksi stigma negatif maupun tindakan diskriminasi bagi penyandang disabilitas dalam dunia kerja. Kondisi ini menjadikan penyandang disabilitas merasa tidak mampu menjalankan fungsi sosial dan memicu terjadinya penghayatan hidup tak bermakna (meaningless) yang berpengaruh pada kebermaknaan hidup penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian layanan bimbingan konseling karir melalui program barista inklusif, menganalisis sumber-sumber kebermaknaan hidup dan menganalisis dinamika psikologis penyandang disabilitas dalam menemukan kebermaknaan hidup melalui layanan bimbingan konseling karir program barista inklusif Café Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakrata. Penelitian ini menggunakan teori kebermaknaan hidup Hanna Djumhana Bastaman dan teori bimbingan konseling karir. Metode penelitian ini adalah fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah tujuh orang, terdiri dari tiga orang barista penyandang disabilitas, marketer Café Cupable, pembimbing psikososial, kepala unit usaha mandiri, dan koordinator vocational training centre. Kriteria bagi penyandang disabilitas adalah bekerja di Café Cupable dan telah membuka usaha secara mandiri. Analisis data menggunakan metode Miles dan Hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya inovasi layanan bimbingan konseling karir melalui program barista inklusif yang memberikan perubahan paradigma dan menciptakan lingkungan yang inklusif bagi penyandang disabilitas. Sumber-sumber makna hidup dapat ditemukan melalui layanan bimbingan konseling karir mencakup nilai-nilai kreatif, nilai-nilai bersikap, nilainilai penghayatan, nilai-nilai pengharapan, dan nilai spiritual. Dinamika psikologis yang dialami penyandang disabilitas dalam menemukan kebermaknaan hidup melalui beberapa tahap yaitu tahap derita, tahap penerimaan diri, tahap penemuan makna dan penentuan tujuan hidup, tahap realisasi makna, dan tahap kehidupan bermakna. Hasil analisis menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling karir Café Cupable Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup barista penyandang disabilitas dalam hal pemahaman diri dan bertindak positif, dukungan sosial, pendalaman catur nilai, dan spiritualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling karir; kebermaknaan hidup; penyandang disabilitas
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jan 2024 14:40
Last Modified: 25 Jan 2024 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum