KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Kasus Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Lembah Desa Pulutan)

Ifani Gita Cahyani, NIM.: 19102050037 (2023) KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Kasus Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Lembah Desa Pulutan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Kasus Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Lembah Desa Pulutan))
19102050037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (Studi Kasus Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Lembah Desa Pulutan))
19102050037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan ekonomi lokal perdesaan dijalankan oleh badan usaha milik desa melalui berbagai program untuk kesejahteraan sosial. Salah satunya dengan melalui program pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dijalankan dengan memanfaatkan potensi lokal baik sumber daya alam maupun manusia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kontribusi BUMDes serta dampak terhadap kesejahteraan sosial studi kasus pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata Lembah Desa Pulutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pengurus BUMDes, pengelola Lembah Desa Pulutan, pedagang Lembah Desa Pulutan, dan masyarakat setempat. Hasil dari penelitian ini yaitu bawasanya BUMDes Maju Mandiri Pulutan berkontribusi tindakan pemberdayaan yang didalamnya termuat kontribusi material dan pemikira. Pemberdayaan masyarakat dengan tahapan penyadaran, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Dengan adanya wisata Lembah Desa Pulutan juga dapat memberikan perubahan yaitu terciptanya peningkatan kesejahteraan yang dapat dilihat dari sejauh mana masalah sosial dapat dikendalikan, kebutuhan dapat terpenuhi dan memberikan kesempatan mengembangkan potensi. Selain itu berdampak dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam aspek ekonomi masyarakat dengan meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan usaha pertanian. Sementara aspek mengakses manfaat kesejahteraan dilihat dari peningkatan kualitas hidup dan meningkatnya interaksi sosial. Sedangkan aspek kesadaran kultural dan politik dengan pelestarian budaya dan warisan lokal dan keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khotibul Umam, M.Si.
Uncontrolled Keywords: BUMDes; PEL; pelatihan; ekonomi masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jan 2024 10:06
Last Modified: 26 Jan 2024 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum