IMPLEMENTASI PASAL 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAT DI LINGKUNGAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI TERHADAP LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DI KOTA YOGYAKARTA)

Nadru Aulia Rahman, NIM.: 18103050099 (2023) IMPLEMENTASI PASAL 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAT DI LINGKUNGAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI TERHADAP LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DI KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PASAL 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAT DI LINGKUNGAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI TERHADAP LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DI KOTA YOGYAKARTA))
18103050099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PASAL 3 KOMPILASI HUKUM ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAT DI LINGKUNGAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI TERHADAP LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DI KOTA YOGYAKARTA))
18103050099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nahdlatul Ulama mempunyai lembaga khusus yang fokus dengan masalah kekeluargaan yaitu Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU). Keluarga menjadi pondasi utama dalam membangun sebuah hubungan dalam ikatan resmi bernama menikah. Keluarga maslahat merupakan cita-cita bagi pasangan suami dan istri. Sehingga kedudukan suami dan istri sangat penting dalam pembinaan keluarga sakinah agar melahirkan adanya ketentraman dan kebahagiaan hidup. Penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui konsep Keluarga Maslahat menurut Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKK NU) D.I. Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui peran dan strategi Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK NU) D.I. Yogyakarta dalam mengimplementasikan Keluarga Maslahat di lingkungan Nahdlatul Ulama Kota Yogyakarta. Jenis penelitian lapangan ini adalah kualitatif deskriptif yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan responden, informan dan narasumber. Adapun data sekunder diperoleh dari buku, artikel, undang-undang karya ilmiah dan literatur lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Penyusun dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan di wilayah kerja Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKK NU) di Kota Yogyakarta, karena memiliki angka yang cukup signifikan dalam kasus pernikahan dini dan perceraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kemudian data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan teori maqashid syariah. Hasil penelitian ini yaitu konsep keluarga maslahat adalah keluarga pyang dapat mengantarkan menuju anggota keluarga yang saleh, memiliki pengetahuan agama, serta dapat menjalin silaturahmi dan membangun kemanfaatn dan kemaslahatan lingkungan masyarakat. Peran dan strategi yang dilakukan oleh LKK NU DIY dalam mengimplementasikan Keluarga Maslahat di Lingkungan NU Kota Yogyakarta adalah dengan menerapkan maqasid syariah, dengan kegiatan-kegiatan yang berbasis penguatan diri dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Khoiruddin., Dr. H. , M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga Maslahat; LKK NU; Maqashid Syariah; pernikahan
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jan 2024 13:39
Last Modified: 29 Jan 2024 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum