EFEKTIFITAS PERDA DIY NOMOR 2 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGGULANGAN AKSI KLITIH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Husnul Amal, NIM.: 18103070014 (2023) EFEKTIFITAS PERDA DIY NOMOR 2 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGGULANGAN AKSI KLITIH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PERDA DIY NOMOR 2 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGGULANGAN AKSI KLITIH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18103070014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PERDA DIY NOMOR 2 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PENANGGULANGAN AKSI KLITIH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18103070014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Klithih merupakan istilah yang sering dipakai oleh masyarakat Yogyakarta bila mana terjadi suatu kejahatan di jalan raya. Masyarakat mempunyai pandangan tersendiri mengenai klithih yakni sebuah bentuk anarkisme oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap dan mengetahui penanggulangan Pemerintah Daerah Yogyakarta melalui implementasi Perda DIY no 2 tahun 2018 terhadap aksi klithih. Ada tiga hal yang Akan dijelaskan. Pertana, faktor penyebab maraknya aksi klithih. Kedua, mengetahui upaya-upaya dari Pemerintah Daerah Yogyakarta untuk Penanggulangan aksi klithih. Ketiga, Bagaimana tinjauan Maqasid Syariah terhadap hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dan penelitian lapangan dengan mewawancarai pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan yang dibahas seperti Anggota dinas pemda DIY dan tokoh kepolisian Yogyakarta guna memperoleh informasi-informasi penyebab maraknya aksi klithih di Kota Yogyakarta dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemda, Kepolisian serta masyarakat. Hasil yang diperoleh Penulis dalam penelitian ini meliputi. (1) Faktor penyebab aksi klithih di Kota Yogyakarta, (2) Upaya yang dilakukan kepolisian dan masyarakat yang meliputi upaya Promotif, Preemtiv, Pre-ventif, dan Rehabilitatif. (3) Tinjauan Maqasid Syariah terhadap aksi kejahatan remaja dari perspektif implementasi Pemda daerah no 2 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perlindungan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nilman Ghofur, S.H.I., M. Sos
Uncontrolled Keywords: Maqashid Syariah; kebijakan pemerintah; penanggulangan klitih; perlindungan anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jan 2024 14:27
Last Modified: 29 Jan 2024 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum