PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

Kawakib Muhammadi, NIM.: 19103040105 (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN)
19103040105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN)
19103040105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi Masyarakat merupakan bentuk keterlibatan anggota masyarakat dalam setiap proses pembentukan Peraturan Desa. Dapat dipahami bahwa partisipasi masyarakat merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mempengaruhi proses pembentukan kebijakan publik. Partisipasi masyarakat penting untuk memastikan bahwa setiap hasil kebijakan yang dilakukan tidak hanya bermanfaat bagi orang tertentu melainkan berdampak positif bagi masyarakat Desa. Proses pembentukan Peraturan Desa tersebut dapat dilakukan melalui beberapa tahapan-tahapan, mulai dari perencanaan, penyusunan dan perancangan, pembahasan, penetapan, dan pengundangan. Keterlibatan masyarakat dalam pembentukan Peraturan Desa di Desa Sumberagung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan merupakan penunjang keberhasilan dalam menghasilkan Peraturan Desa yang efektif, serta sebagai bentuk demokrasi dalam tingkat Desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empirik. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis empirik serta teknik pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara dengan Perangkat Desa serta menyebarkan kuesioner kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa dan masyarakat Desa Sumberagung secara acak. Adapun hasil penelitian ini adalah pelaksanaan partisipasi masyarakat dalam pembentukan Peraturan Desa di Desa Sumberagung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan telah sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2015 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Peraturan di Desa, namun partisipasi masyarakat dalam proses pembentukan Peraturan Desa belum optimal dikarenakan kurang adanya sosialisasi dari Pemerintah Desa kepada masyarakat terkait partisipasi masyarakat tersebut sehingga masyarakat yang hadir pada umumnya hanya dari lembaga masyarakat dan bisa dikatakan tidak semua hadir dalam musyawarah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurainun Mangunsong, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peraturan Desa; Peraturan Perundang-Undangan
Subjects: Ilmu Hukum
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jan 2024 14:44
Last Modified: 29 Jan 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum