PERLINDUNGAN HUKUM TENTANG PENGELOLAAN RETRIBUSI TERHADAP PELAKU USAHA DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PASAR DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK TAHUN 2023

Muhammad, NIM.: 19103040109 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TENTANG PENGELOLAAN RETRIBUSI TERHADAP PELAKU USAHA DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PASAR DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TENTANG PENGELOLAAN RETRIBUSI TERHADAP PELAKU USAHA DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PASAR DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK TAHUN 2023)
19103040109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TENTANG PENGELOLAAN RETRIBUSI TERHADAP PELAKU USAHA DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PASAR DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK TAHUN 2023)
19103040109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan UMKM untuk menguatkan perekonomian masayarakat dan perekonomian nasional di pasar tradisional mempunyai implikasi signifikan dalam kesejahteraan masayarakat. Dalam rangka pemberdayaan pasar tradisional dan pelaku UMKM perlu adanya implementasi perlindungan hukum dan pemenuhan hak oleh pemerintah atau pihak terkait yang bertanggung jawab. Data lapangan menunjukkan bahwa bangunan belum direnovasi semenjak tahun 1970 sampai sekarang dan juga masih terdapat minimnya sarana dan prasarana yang seharusnya dapat dinikmati oleh para pelaku UMKM dan usaha di pasar Duduksampeyan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field reaserch) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menyajikan data-data yang terdapat di lapangan menjadi sistematika pembahasan sehingga lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris yaitu dengan tetap menggunakan perundang-undangan dan mengaitkannya dengan data di lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dengan melakukan wawancara kepada pihak terkait, observasi dan dokumentasi yang dilakukan langsung di pasar Duduksampeyan Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM di pasar Duduksampeyan masih belum mendapatkan perlidungan hukum secara maksimal dan hak-hak mereka belum terpenuhi secara sempurna, infrastruktur bangunan pasar yang tidak layak huni, jalan berlubang, becek saat hujan karena atap bangunan banyak yang bocor dan selokan air yang tidak lancar. Padahal, mereka telah melakukan kewajiban yakni membayar retribusi pasar. Problematika demikian disebabkan oleh kurangnya perhatian pengelola pasar dan macetnya distribusi dana oleh pihak pemerintah desa sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan pemberdayaan pasar Tradisional Duduk sampeyan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. M. Misbahul Mujib, S. Ag., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: retribusi pasar; pemenuhan hak; perlindungan hukum
Subjects: Ekonomi > Mikroekonomi
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jan 2024 15:00
Last Modified: 29 Jan 2024 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum