UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA

Kamal Azmi Abdunnasir, NIM.: 19103040113 (2023) UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA)
19103040113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA)
19103040113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

BPSK adalah Lembaga yang dibentuk dan diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang tugas utamanya adalah menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Dalam hal ini BPSK juga memiliki tugas dan fungsinya sebagai badan pengawasan terhadap klausula baku, Salah satu contoh kasus tentang klausula baku yang dtangani BPSK Kota Yogyakarta adalah mengenai kasus PT. Summit Oto Finance, Secara singkat kasus tersebut memperlihatkan tentang bagaimana klausula baku yang dicantumkan dalam perjanjian pembiayaan konsumen PT. Summit Oto Finance diangggap melakukan eksekusi secara sepihak dalam hal ini meminta untuk menyerahkan jaminan fidusia dikarenakan pihak debitur mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran angsuran. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung di BPSK Kota Yogyakarta untuk mengetahui upaya perlindungan yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas klausula baku pada perjanjian lembaga pembiayaan konsumen dan hambatan-hambatan yang dialami oleh BPSK Kota Yogyakarta dalam melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap klausula baku pada perjanjian Lembaga pembiayaan konsumen. Adapun hasil penelitian ini adalah upaya perlindungan konsumen terhadap klausula baku yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta termasuk dalam pengawasan represif. Dikatakan represif karena upaya perlindungan konsumen yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta setelah adanya akibat yang terjadi, dalam hal ini BPSK Kota Yogyakarta akan melakukan tindakan jika adanya aduan yang diterima oleh BPSK Kota Yogyakarta terkait kerugian yang dialami konsumen terhadap klausula baku pada perjanjian lembaga pembiayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: BPSK; perjanjian sengketa litigasi; klausula baku; pelaku usaha
Subjects: Ilmu Hukum > Perlindungan Konsumen
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Jan 2024 09:20
Last Modified: 30 Jan 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum