PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA RELIGIUS DI KEMANTREN KOTAGEDE TAHUN 2021-2022

Muhammad Nafi, NIM.: 19103050040 (2023) PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA RELIGIUS DI KEMANTREN KOTAGEDE TAHUN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA RELIGIUS DI KEMANTREN KOTAGEDE TAHUN 2021-2022)
19103050040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA RELIGIUS DI KEMANTREN KOTAGEDE TAHUN 2021-2022)
19103050040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masih banyak pasangan yang telah menikah tetapi belum mengetahui lembaga Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dan banyaknya kasus pasangan yang telah menikah tetapi belum bisa menjadikan keluarganya menjadi keluarga yang religius. Tugas dari BP4 adalah memberi nasehat, membina, dan membimbing para calon pengantin untuk menciptakan keluarga yang sakinah. Sesuai yang dikatakan oleh Humas Kemenag DIY bahwa di Tahun 2022 tercatat terjadi 5.001 kasus perceraian di DIY, yang sedikit turun dari Tahun 2021 yakni sebanyak 5.942 kasus. Maka, sejauhmana BP4 Kemantren Kotagede dalam tugasnya menasihati, membina, dan membimbing calon pengantin agar menjadi keluarga yang religious dengan melihat masyarakat yang ada di Kotagede yang sebagian besar majemuk dan beragam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran, upaya, factor pendukung dan penghambat dalam penasehatan untuk membentuk keluarga religious. Serta tinjauannya dari konsep religiusitas keluarga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif yuridis. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan teori religiusitas keluarga dan teori peran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BP4 Kotagede dalam memberi nasihat dan binaan untuk membentuk keluarga religius pada tahun 2021-2022 adalah berperan penting dalam pembentukan keluarga religious. Upaya BP4 sudah sesuai dengan Anggaran Dasar. Faktor pendukung BP4 Kotagede dalam memberi nasihat dan binaan untuk membentuk keluarga religius adalah pengetahuan dan pendidikan yang cukup terutama ajaran agama dan pendidikan akhlak. Sedangkan faktor penghambat BP4 Kotagede adalah kurangnya pengetahuan dan pendidikan terutama ajaran agama dan pendidikan akhlak. Tinjauan religiusitas keluarga terhadap peran BP4 Kotagede dalam upayanya memberi nasihat dan binaan adalah sejalan dengan dimensi religiusitas keluarga, dan faktor internal dan eksternal masuk ke dalam pengaruh terhadap penasihatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yasin Baidi, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: keluarga sakinah; BP4; religiusitas keluarga; Kotagede
Subjects: Hukum Keluarga
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Jan 2024 09:34
Last Modified: 30 Jan 2024 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum