DAMPAK PENGHASILAN ISTRI YANG BEKERJA LEBIH BESAR DARI SUAMI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Kota Metro Kecamatan Metro Pusat)

Ilham Zikri Ferinando, NIM.: 19103050067 (2023) DAMPAK PENGHASILAN ISTRI YANG BEKERJA LEBIH BESAR DARI SUAMI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Kota Metro Kecamatan Metro Pusat). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGHASILAN ISTRI YANG BEKERJA LEBIH BESAR DARI SUAMI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Kota Metro Kecamatan Metro Pusat))
19103050067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGHASILAN ISTRI YANG BEKERJA LEBIH BESAR DARI SUAMI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Kasus di Kota Metro Kecamatan Metro Pusat))
19103050067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya, orang tua berkewajiban menafkahi orang-orang yang berada di bawah tanggungjawabnya, termasuk di dalamnya istri dan anak-anak. Kewajiban nafkah suami kepada istri atas dasar ikatan suami-istri. Kini peran istri mengalami banyak perubahan sehingga istri tidak puas dengan pekerjaan di rumah tangga, sehingga banyak istri yang terjun di dunia karir, hal ini tentu berdampak terhadap keharmonisan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan dampak serta nilai kafa’ah ketika seorang istri memiliki penghasilan besar daripada suami di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), dan menggunakan metode deskriptif-analisis serta menngunakan pendekatan sosiologis. Selanjutnya pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan bentuk data primer dan sekunder serta metode wawancara kepada para istri yang memiliki pendapatan lebih tinggi dari suami di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang istri memilki penghasilan lebih tinggi dari suami di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro di dasari atas tiga faktor yaitu: latar pendidikan istri yang lebih tinggi dari suami; profesi dan jabatan yang istri tekuni lebih strategis dari suami dan izin yang diberikan oleh suami untuk bekerja, sedangkan dampaknya adalah:Sikap egois antara suami dan istri dalam menyelesaikan suatu permasalahan rumah tangga; beban pikiran istri maupun suami yang berat seperti tekanan (stress) di di tempat kerja; kecurigaan suami maupun istri bahwa salah satu diantara mereka diduga berselingkuh; munculnya rasa rendah diri suami dan tidak percaya diri apabila penghasilan istri lebih besa dari pendapatan suami; dan timbulnya perceraian apabila istri merasa kurang bersyukur terhadap pendapatan suami. Seorang istri memiliki penghasilan besar daripada suami di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro telah memenuhi tiga nilai kafa’ah dalam perkawinan Islam yaitu: prinsip mu'asyarah bi al-ma'ruf; prinsip keseimbangan antara hak dan kewajiban; serta prinsip sakinah, mawaddah wa rahmah (ketenteraman, cinta, dan kasih sayang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yasin Baidi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: nafkah; keluarga sakinah; keharmonisan keluarga
Subjects: Hukum Keluarga
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Jan 2024 09:38
Last Modified: 30 Jan 2024 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum