Penerapan Asas asas Publik Di Perpustakaan

Nuur Lathifah Hasanah, - and Anis Masruri, - (2023) Penerapan Asas asas Publik Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 5 (1). pp. 123-135. ISSN ISSN 2716-0432 (Online

[img]
Preview
Text (Penerapan Asas asas Publik Di Perpustakaan)
PENERAPAN ASAS ASAS PELAYANAN PUBLIK DI PERPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1706663222.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/index

Abstract

Pelayanan publik merupakan serangkaian tindakan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan setiap warga negara. Di perpustakaan, penyelenggaraan pelayanan publik berperan penting dalam menciptakan lingkungan perpustakaan yang berkualitas. Perpustakaan sebagai penyelenggara pelayanan publik bertugas untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dalam implementasinya pelaksanaan pelayanan publik di perpustakaan nyatanya belum terselenggara secara baik dan berkualitas, hal tersebut masih jauh dari harapan masyarakat karena adanya permasalahan fasilitas, koleksi buku, sumber daya manusia, dan pelayanan yang diberikan oleh pustakawan yang terkesan kurang ramah pengunjung. Metode dalam penelitia ini yaitu studi literatur, studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian terkait penerapan asas-asas pelayanan publik di perpustakaan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui implementasi asas-asas pelayanan publik yang baik di perpustakaan dilihat dari: 1) dukungan dan kerjasama dari pegawai perpustakaan, 2) hubungan baik vertikal maupun horizontal di perpustakaan, 3) pembagian kerja, 4)budaya organisasi. Asas-asas pelayanan publik yang baik dapat dipahami sebagai asas-asas yang dapat dijadikan sebagai dasar dan tata cara dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang layak khususnya diperpustakaan, dengan cara demikian penyelenggaraan pelayanan publik itu menjadi baik, sopan, adil dan terhormat, bebas dari kezaliman, pelanggaran peraturan, tindakan penyalahgunaan wewenang dan tindakan sewenang-wenang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Perpustakaan, Asas - asas
Subjects: Perpustakaan
Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:13
Last Modified: 31 Jan 2024 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum