LIMINALITAS MASYARAKAT DALAM TRADISI KEMATIAN DI DUSUN PRONOSUTAN DESA KEBANG NANGGULAN KULON PROGO

Noor Ahmad Afrizal Pertawi, NIM.: 19105040055 (2023) LIMINALITAS MASYARAKAT DALAM TRADISI KEMATIAN DI DUSUN PRONOSUTAN DESA KEBANG NANGGULAN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LIMINALITAS MASYARAKAT DALAM TRADISI KEMATIAN DI DUSUN PRONOSUTAN DESA KEBANG NANGGULAN KULON PROGO)
19105040055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LIMINALITAS MASYARAKAT DALAM TRADISI KEMATIAN DI DUSUN PRONOSUTAN DESA KEBANG NANGGULAN KULON PROGO)
19105040055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ritual kematian yang dilakukan oleh masyarakat di Dusun Pronosutan. Dusun Pronosutan merupakan salah satu wilayah dengan masyarakat yang memiliki adat istiadat yang masih dilakukan hingga sekarang, salah satunya yaitu ritual kematian. Fokus penelitian ini, membahas ritual kematian dalam perspektif teori Victor Tunner tentang proses liminalitas dalam suatu ritual. Selanjutnya pengaruh industri pariwisata bagi masyarakat Pronosutan, dimana hal itu dapat mempengaruhi adat-istiadat, baik secara langsung atau tidak langsung. Data penelitian dikumpulkan melalui penelitian lapangan (flied research) dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu peneliti, menggunakan perspektif teori simbol ritual Victor Turner tentang proses liminalitas dalam ritual. Terdapat tiga tahapan yang dikemukakan Victor Tuner, yaitu tahap pemisahan (separation), tahapan pertengahan (liminal) dan tahap pengintegrasian kembali (reagregation). Dengan teori tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana proses liminal yang terjadi pada masyarakat dalam ritual kematian serta makna yang ada di dalamnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa melalui teori liminalitas Victor Turner terdapat 3 tahapan yang dilalui masyarakat dan keluarga duka dalam prosesi ritual kematian. Tahap pemisahan ditunjukkan ketika masyarakat meninggalkan aktivitasnya untuk berkumpul di rumah duka, tahap liminal ditunjukkan ketika keluarga dan masyarakat yang bertakziah, berdiam diri pada saat acara tersebut berlangsung dan tahap ketiga ditunjukkan pada keluarga duka atas aktivitas dan perilakunya setelah acara pemakaman selesai. Kemudian, terdapat faktor-faktor dalam pelestarian budaya yang secara garis besar terbagi dalam dua pemaknaan dan pemahaman, yaitu pemaknaan ajaran agama dan pemaknaan ajaran budaya Jawa. Faktor tersebut menciptakan pemahaman yang diyakini oleh masyarakat Pronosutan sebagai masyarakat urban di tengah perkembangan industri wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh Soehadha, S.Sos., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Ritual Kematian, Liminalitas, Simbol, Makna, Pelestarian kebudayaan, Industri Wisata, Masyarakat Urban
Subjects: Budaya dan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2024 10:36
Last Modified: 01 Feb 2024 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum