EKOTEOLOGI TANI SEBAGAI SEMANGAT PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN ANGASANAH DESA BRAGUNG KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP

Moh. Rofiqi, NIM.: 19105040081 (2023) EKOTEOLOGI TANI SEBAGAI SEMANGAT PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN ANGASANAH DESA BRAGUNG KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKOTEOLOGI TANI SEBAGAI SEMANGAT PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN ANGASANAH DESA BRAGUNG KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP)
19105040081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKOTEOLOGI TANI SEBAGAI SEMANGAT PEMBERDAYAAN PETANI DI DUSUN ANGASANAH DESA BRAGUNG KECAMATAN GULUK-GULUK KABUPATEN SUMENEP)
19105040081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi pertanian di Indonesia hingga saat ini masih belum bisa disebut berada pada taraf memuaskan. Menghadapi tantangan krisis pangan global sepatutnya sektor pertanian mendapatkan perhatian lebih dari negara. Nyatanya, masalah-masalah seputar murahnya harga jual panen, terbatasnya irigasi pengairan, kelangkaan dan mahalnya harga pupuk seringkali terdengar dari keluhan petani di daerah pelosok negeri ini. Problematika tersebut juga menjadi rintangan bagi keberlangsungan pertanian di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk. Untuk menghadapi masalah itu, masyarakat menumbuhkan kesadaran religiusitas dan memanfaatkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Islam sebagai sumber nilai terhadap usaha pemberdayaan petani. Penelitian ini hendak menjawab dua hal, yaitu: (1) Bagaimana proses lahirnya konsep ekoteologi tani yang terbangun pada masyarakat petani di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep sehingga menciptakan pemberdayaan petani, dan (2) Sejauh mana konsep ekotelogi tani menjadi piranti pemberdayaan pertanian di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep yang lebih berdaya. Penelitian ini melihat semangat keberlangsungan pemberdayaan petani melalui kerangka teori ekoteologi tani Moh. Soehada. Menurut Moh. Soehada konsep teori ekoteologi tani merupakan relasi antara manusia, Tuhan dan lingkungan yang bersinergi dalam aktivitas menggarap lingkungan atau kegiatan pertanian guna memenuhi kebutuhan fundamental masyarakat, khususnya kebutuhan pangan. Tentunya, nilai-nilai agama berkedudukan sebagai kompor gagasan pengejawentahannya. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Lalu pengumpulan data diperoleh dari mewawancarai tokoh agama (kiai) dan sepuluh petani, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian diolah dengan cara (1) transkripsi data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) verifikasi data. Penyajian data berbentuk deskriptif-naratif, gambar dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman ekoteologi tani pada petani di Dusun Angsanah Desa Bragung didapat dari isi kitab Nashaihul Ibad karya Syeikh Nawawi Al-Banteni dan rutinitas majelis taklim yang diadakan setiap bulan di dusun tersebut (2) Internalisasi dan pengamalan ajaran ekoteologi tani mampu mengantarkan petani di Dusun Angsanah Desa Bragung menjadi lebih kuat dan berdaya menghadapi masalah-masalah pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ratna Istriyani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Petani, Ekoteologi Tani, Pemberdayaan
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Feb 2024 13:43
Last Modified: 01 Feb 2024 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum