HAK NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 PERSPEKTIF AL-HUQUQ AL-INSANIYAH

Fatmah, S.H., NIM.: 21203012056 (2023) HAK NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 PERSPEKTIF AL-HUQUQ AL-INSANIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HAK NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 PERSPEKTIF AL-HUQUQ AL-INSANIYAH)
21203012056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HAK NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB YOGYAKARTA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 PERSPEKTIF AL-HUQUQ AL-INSANIYAH)
21203012056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Narapidana perempuan merupakan bagian dari masyarakat, selaku manusia pada umumnya narapidana mempunyai hak yang wajib untuk dijunjung oleh hukum dan pemerintah. Penyusun ingin meneliti tentang hak narapidana perempuan yang berstatus sebagai narapidana, mereka berhak untuk mendapatkan haknya sebagai manusia khususnya narapidana perempuan. Dalam hal ini sudah seharusnya narapidana mendapatkan haknya sesuai yang tertera dalam Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Setiap manusia memiliki hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh semua kalangan, karena hak asasi manusia tidak memberikan batasan terhadap jenis kelamin wanita ataupun lakilaki. berdasarkan latar belakang diatas permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pemenuhan hak narapidana perempuan di lembaga pemasyarakatan kelas IIB Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang secara deduktif diawali dengan menganalisa dari pasal-pasal dalam peraturan perundangundangan yang berlaku dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada dilapangan. Sifat penelitian dalam penelitian ini adalah deskriftif analitis tentang sistem pemenuhan hak narapidana perempuan di lembaga pemasyarakatan kelas IIB Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan hak narapidana perempuan belum terlaksana secara keseluruhan sesuai dengan yang tertera di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan hal ini dapat dilihat dari kurangnya fasilitas serta sarana dan prasarana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Yogyakarta dan mininya pengetahuan para petugas akan pentingnya nilai-nilai HAM untuk diterapkan dan diberikan kepada setiap narapidana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr.Drs. H. Makhrus, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: narapidana perempuan; HAM; Al-Huquq Al-Insaniyah.
Subjects: HAK ASASI MANUSIA
Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Feb 2024 15:50
Last Modified: 02 Feb 2024 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum