KAJIAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP REGULASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK NASABAH PENYIMPAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Muhammad Lazuardi Annas, S.H., NIM.: 21203012091 (2023) KAJIAN MAQASID SYARI‘AH TERHADAP REGULASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK NASABAH PENYIMPAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN MAQĀṢID SYARĪ‘AH TERHADAP REGULASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK NASABAH PENYIMPAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
21203012091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN MAQĀṢID SYARĪ‘AH TERHADAP REGULASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK NASABAH PENYIMPAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
21203012091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Industri bank syariah ini masih dihadapkan pada tantangan, terutama terkait kurangnya regulasi perlindungan hukum hak nasabah secara langsung. Meskipun Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 telah menjadi payung regulasi, pengaturan terkait perlindungan hak nasabah masih terbatas pada aspek tidak langsung dan cenderung lebih mendukung pengembangan bank syariah. Aturan turunan yang ada juga belum secara rinci mengatasi isu-isu kritis, seperti perlindungan preferen atas nasabah penyimpan dan ketidakpastian hukum terkait kerugian yang mungkin terjadi akibat masalah sistem digital. Ketidakspesifikan regulasi ini dapat menimbulkan risiko bagi bank syariah dan pemilik dana. Hal yang menjadi pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana perlindungan hukum hak nasabah penyimpan bank umum syariah di Indonesia yang seimbang dan sejauh mana kemanfaatan hukum dan kekurangan dalam regulasi yang ada dalam melindungi hak nasabah penyimpan bank umum syariah di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundangundangan (statute approach) dengan mengkaji aturan perundang-undangan yang terkait dengan perlindungan hak nasabah penyimpan bank syariah di Indonesia. Data hukum yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan dengan menggunakan teknik studi dokumen dan literatur. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan analitik untuk mengkategorikan dan menafsirkan data yang telah dikelompokkan berdasarkan tema-tema tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang regulasi bank umum syariah yang dalam perlindungan hukum hak nasabah berdasarkan prinsip-prinsip maqāṣid syarī‘ah. Penelitian ini menemukan bahwa bahwa perlindungan hukum bagi nasabah perbankan syariah perlu diperkuat dalam beberapa aspek. Meskipun peraturan perundang-undangan yang ada memberikan jaminan keamanan dan perlindungan, namun masih terdapat kelemahan dalam hal kepastian hukum dan perlindungan hak nasabah. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk memperkuat perlindungan data pribadi nasabah, tanggung jawab terhadap kerugian akibat kerusakan sistem teknologi perbankan, pengawasan terhadap kesyariahan produk, dan perlindungan terhadap risiko keamanan dana nasabah. Dengan memperkuat perlindungan hukum ini, diharapkan nasabah perbankan syariah dapat merasa lebih aman dan terlindungi dalam melakukan transaksi perbankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA.
Uncontrolled Keywords: nasabah penyimpan; Hifzul mal; Lembaga Penjamin Simpanan; data pribadi nasabah
Subjects: Bank dan Perbankan
Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Feb 2024 13:11
Last Modified: 05 Feb 2024 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum