PENGAWASAN ZAKAT TUJUAN PRODUKTIF DI BAZNAS KABUPATEN SIAK (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH ABDUL WAHHAB KHALAF)

Almaida Purnama Sari, S.H., NIM: 21203012100 (2023) PENGAWASAN ZAKAT TUJUAN PRODUKTIF DI BAZNAS KABUPATEN SIAK (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH ABDUL WAHHAB KHALAF). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN ZAKAT TUJUAN PRODUKTIF DI BAZNAS KABUPATEN SIAK (PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH ABDUL WAHHAB KHALAF))
21203012100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN ZAKAT TUJUAN PRODUKTIF DI BAZNAS KABUPATEN SIAK (PERSPEKTIF MAS}LAH}AH MURSALAH ABDUL WAHHAB KHALAF))
21203012100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan menjadi faktor kesenjangan bagi suatu umat beragama maupun suatu Negara, maka zakat menjadi instrument solusi bagi umat untuk menindak lanjut kesejenjangan tersebut. Di Indonesia Pengelolaan zakat sudah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 201, dalam peraturan ini juga dijelaskan tentang penyaluran zakat dengan cara komsumtif dan produktif. Zakat yang disalurkan agar bermanfaat bagi masyarakat kecil sebaiknya diberikan secara produktif. Pada pendayagunaan zakat tujuan produktif harus memiliki strategi yang matang dan teliti, dikarnakan proses pelaksanaan pendayagunaan zakat tujuan produktif itu panjang. Strategi pelaksanaan ini mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Sehingga diperlukan pengawasan dalam pelaksanaannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penyusun tertarik untuk melakukan penelitian tentang peran BAZNAS Kabupaten Siak dalam menerapkan sistem pengawasan zakat tujuan produktif ketika melakukan pengelolaan pendistribusian dan pendayagunaan zakat, sehingga bantuan zakat tujuan Produktif diawasi dengan maksimal akan mendapatkan hasil yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dikumpulkan melalui penelitian sumber langsung dan penelitian library research, yaitu penelitian dilakukan mengkaji serta menelaah suatu data yang bersumber dari buku, jurnal, artikel dan lainlainya untuk memahami tulisan-tulisan tentang pengawasan program zakat tujuan produktif dalam penulisan peneliti. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengawasan zakat tujuan produktif di BAZNAS Kabupaten Siak dan BAZNAS Kabupaten Siak Sistem pengawasan di dua Lembaga ini terbilang sama, namun masih ada beberapa perbedaan seperti program zakat tujuan produktif di BAZNAS Kabupaten Siak diberatkan kepada Bidang pemberdayagunaan. Penerapan pandangan Abdul Wahhab Khallaf pengawasan zakat tujuan produktif dasarnya memenuhi syarat-syarat dalam fungsinya. Sebab dengan adanya pengawasan dalam program zakat tujuan produktif memiliki manfaat dari pada kemudaratannya. Sistem pengawasan zakat tujuan produktif ini tidak terdapat penjelasan dalam nas maupun kaidah, Namun dilihat dari sisi sosial sifat mas}lah}ah mursalah ini memilki dampak yang baik untuk setiap masyarakat. Baik untuk BAZNAS, mustahik dan masyarakat percaya dengan kinerja BAZNAS tersebut terutama muzaki.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Gusnam Haris, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Zakat Tujuan Produktif, Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Feb 2024 14:27
Last Modified: 05 Feb 2024 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum