DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KELONTONG DI PASAR TRADISIONAL BUNG KARNO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI

Muhammad Thohari, NIM.: 18102050024 (2023) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KELONTONG DI PASAR TRADISIONAL BUNG KARNO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KELONTONG DI PASAR TRADISIONAL BUNG KARNO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI)
18102050024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KELONTONG DI PASAR TRADISIONAL BUNG KARNO, KECAMATAN BATURETNO, KABUPATEN WONOGIRI)
18102050024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 secara global memunculkan kekhawatiran dari berbagai macam kalangan masyarakat Indonesia. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk mengendalikan penyebaran pandemi covid-19 yaitu PSBB, PPKM dam Penerapan Protokol Kesehatan. Adanya kebijakan tersebut memberikan dampak positif dan negatif bagi pedagang, tak terkecuali Pedagang Kelontong di Pasar Tradisional Bung Karno Baturetno yang merasa kebimbangan terutama menghadapi pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi covid-19 secara positif dan negatif terhadap kesejahteraan sosial ekonomi Pedagang Kelontong di Pasar Tradisional Bung Karno Baturetno. Tinjauan teori yang digunakan oleh peneliti yaitu teori dampak dan teori kesejahteraan sosial ekonomi. Jenis metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pandemi covid-19 yang dirasakan pedagang kelontong di Pasar Tradisional Bung Karno Baturetno mempengaruhi kondisi sosial ekonomi yang dikategorikan dalam bentuk dampak positif dan negatif dari segi sosial serta dampak positif dan negatif dari segi ekonomi. Dampak positif dari segi sosial yaitu peningkatan penataan pasar tradisional, solidaritas pedagang kelontong dalam menjaga kebersihan, dan kepedulian pedagang kelontong terhadap kesehatan. Dampak negatif dari segi sosial yaitu kegiatan transaksi jual beli pedagang kelontong pasar tradisional terganggu dan kegiatan paguyuban pedagang kelontong pasar tadisional terhambat. Dampak positif dari segi ekonomi yaitu retribusi pasar tradisional menggunakan e-retribusi dan memanfaatkan aplikasi online untuk berjualan. Dampak negatif dari segi ekonomi yaitu pendapatan pedagang kelontong menurun dan munculnya rentenir pada masa pandemi covid-19. Sedangkan kesejahteraan pedagang kelontong pasca pandemi covid-19 terbagi menjadi empat indikator yang dilihat dari segi materi, fisik, mental dan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S. Sos, I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Sosial Ekonomi, Kesejahteraan, Pedagang Kelontong, Pandemi Covid-19
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:05
Last Modified: 06 Feb 2024 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum