PERAN KOMUNITAS CAKRA DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI MUSEUM DEWANTARA KIRTI GRIYA

Maulida Iftinan, NIM.: 20102030077 (2024) PERAN KOMUNITAS CAKRA DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI MUSEUM DEWANTARA KIRTI GRIYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOMUNITAS CAKRA DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI MUSEUM DEWANTARA KIRTI GRIYA)
20102030077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOMUNITAS CAKRA DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI MUSEUM DEWANTARA KIRTI GRIYA)
20102030077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sumber Daya Manusia yang kompeten menjadi hal yang penting bagi perkembangan setiap Museum, tidak terkecuali di Museum Dewantara Kirti Griya. Museum tersebut dewasa ini telah menjadi salah satu cagar budaya yang berada di Yogyakarta. Jumlah kedatangan pengunjung Museum Dewantara Kirti Griya semakin meningkat hingga tahun 2023. Salah satu stakeholder yang berkontribusi meningkatkan pengunjung ke Museum Dewantara Kirti Griya adalah Komunitas Cakra Dewantara. Komunitas Cakra Dewantara hadir sebagai terobosan baru dalam membantu Sumber Daya Manusia (SDM) di museum yang masih terbatas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa peran-peran dari hadirnya Komunitas Cakra Dewantara yaitu sebagai penggagas program di museum, menjadi pendamping program di Museum, tim manajemen organisasi serta social media specialist. Hasil dari peran tersebut juga menunjukkan peningkatan branding museum kian hari semakin baik. Hal tersebut terbukti dari data pengunjung pada tahun 2023 yang semakin meningkat serta partisipasi oleh generasi muda yang mulai tertarik dan ingin mengetahui tentang Museum Dewantara Kirti Griya. Selain itu, peran komunitas juga memberi banyak pengalaman baru yang bermanfaat bagi SDM dalam proses mengaktualisasikan serta meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos. I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunitas Cakra Dewantara, SDM, Museum Dewantara,
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2024 13:56
Last Modified: 06 Feb 2024 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum