ECEP MULYANA - NIM. 06670017, (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1/)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (718kB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1/)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1 yang memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik dan mengetahui kualitas media pembelajaran cerpen kimia yang dikembangkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran cerpen kimia yang disusun terdiri dari empat bab, yaitu: (1) Struktur Atom, Sistem Periodik, Ikatan Kimia; (2) Termokimia; (3) Laju Reaksi; (4) Kesetimbangan Kimia. Produk awal media pembelajaran cerpen kimia ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media dan peer reviewer. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dengan mengisi angket penilaian yang berisi 8 aspek penilaian, yaitu pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia berdasarkan pada penilaian lima guru kimia SMA/MA terhadap aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata 125,80, sehingga cerpen kimia layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang dan media pembelajaran bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dr. Das Salirawati, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, cerpen kimia |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 21 May 2013 18:47 |
Last Modified: | 19 Feb 2016 10:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6349 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |