ANALISIS CEMARAN BABI DALAM KALDU RAMEN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROSKOPI FOURIER TRANSFORM INFRARED (FTIR) DAN KEMOMETRIKA

Pitria Ningsih, NIM.: 19106030010 (2023) ANALISIS CEMARAN BABI DALAM KALDU RAMEN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROSKOPI FOURIER TRANSFORM INFRARED (FTIR) DAN KEMOMETRIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CEMARAN BABI DALAM KALDU RAMEN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROSKOPI FOURIER TRANSFORM INFRARED (FTIR) DAN KEMOMETRIKA)
19106030010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CEMARAN BABI DALAM KALDU RAMEN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROSKOPI FOURIER TRANSFORM INFRARED (FTIR) DAN KEMOMETRIKA)
19106030010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis cemaran babi dalam kaldu ramen menggunakan metode spektroskopi Fourier Trasnform Infrared (FTIR) dan kemometrika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya cemaran lemak babi dalam kaldu ramen menggunakan metode FTIR yang dikombinasikan dengan kemometrika dan mengetahui adanya cemaran lemak babi dalam kaldu ramen yang dijual di Kabupaten Sleman. Kaldu ramen standar dibuat dengan tiga variasi konsentrasi daging dan tulang. Kaldu ramen standar terdiri dari 100% daging dan tulang ayam, 50% daging dan tulang ayam dan babi, dan 100% daging dan tulang babi. Pemisahan lemak dilakukan menggunakan metode ekstraksi cair-cair dengan pelarut n-heksana lalu dilanjutkan destilasi menggunakan roatry evaporator untuk memisahkan lemak dari pelarut. Lemak yang dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan spektroskopi FTIR. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan spektra lemak kaldu ramen standar dengan lemak kaldu ramen sampel menggunakan analisis komponen utama dan analisis klaster. Analisis data dilakukan menggunakan software Minitab 19 pada 3 bilangan gelombang yang menjadi serapan khas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing lemak kaldu ramen standar memiliki serapan khas di bilangan gelombang 3008, 1373, dan 1118 cm-1. Salah satu dari 3 lemak kaldu ramen sampel terindikasi memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan lemak kaldu ramen campuran. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil dari pengelompokkan analisis komponen utama dan analisis klaster yang terbukti dapat memisahkan lemak kaldu ramen standar dan lemak kaldu ramen sampel dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: ayam; kaldu ramen; ekstraksi lemak; kemometrika
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Feb 2024 14:39
Last Modified: 06 Feb 2024 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum