BIOMONITORING KESEHATAN AIR SUNGAI BERDASARKAN KEBERADAAN MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN WISATA BODY RAFTING SUNGAI CITUMANG, PANGANDARAN, JAWA BARAT

Meilani Sa’adah, NIM.: 18106040022 (2023) BIOMONITORING KESEHATAN AIR SUNGAI BERDASARKAN KEBERADAAN MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN WISATA BODY RAFTING SUNGAI CITUMANG, PANGANDARAN, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIOMONITORING KESEHATAN AIR SUNGAI BERDASARKAN KEBERADAAN MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN WISATA BODY RAFTING SUNGAI CITUMANG, PANGANDARAN, JAWA BARAT)
18106040022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIOMONITORING KESEHATAN AIR SUNGAI BERDASARKAN KEBERADAAN MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN WISATA BODY RAFTING SUNGAI CITUMANG, PANGANDARAN, JAWA BARAT)
18106040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sungai Citumang merupakan sungai yang dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan body rafting. Banyaknya aktivitas wisata seperti body rafting di kawasan Citumang berpotensi terjadi perubahan kualitas air, sehingga perlu ditinjau kualitas air pada segmen sungai Citumang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman makrozoobentos, menganalisis hubungan parameter lingkungan terhadap kehadiran makrozoobentos dan mengetahui tingkat kualitas perairan terhadap komposisi Functional Feeding Group (FFG) di kawasan body rafting sungai Citumang. Pengukuran kualitas air di segmen Sungai Citumang menggunakan metode BIOTILIK dengan 6 stasiun (1.2km) dan masing-masing stasiun terbagi dalam 4 titik. Untuk mengetahui korelasi parameter lingkungan terhadap keberadaan famili makrozoobentos di analisis dengan Canonical Correspondence Analysis (CCA). Berdasarkan penelitian diperoleh makrozoobentos EPT (Ephemeroptera, Plecoptera, Trichoptera) sebanyak 6 famili dan non-EPT sebanyak 23 famili. Hasil Canonical Coressponden Analysis (CCA) menyatakan bahwa tiga famili makrozoobentos dipengaruhi oleh kadar nitrat, Dissolved Oxygen (DO), kecepatan arus, sepuluh famili dipengaruhi oleh pH, kekeruhan, fosfat, kombinasi substrat tanah (ST) dan kedalaman. Selanjutnya, terdapat 15 famili yang dipengaruhi oleh kadar Total Dissolved Solids (TDS) dan C-Organik. Terjadi pergeseran komposisi Functional Feeding Group (FFG) makrozoobentos yaitu, rendahnya FFG tipe shredder 3% - 11% di bagian hulu, rendahnya tipe grazer (18% - 25%) di bagian tengah dan tingginya tipe grazer (11% - 51%) di bagian hilir. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa komposisi makrozoobentos dipengaruhi oleh kualitas air, dan tingkat kualitas air berdasarkan metode BIOTILIK di kawasan body rafting Sungai Citumang berkisar dari tidak tercemar hingga tercemar ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Siti Aisah.S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Biomonitoring; BIOTILIK; Kualitas Air; Makrozoobentos; Sungai Citumang
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2024 11:29
Last Modified: 07 Feb 2024 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum