ADAPTASI DAN MANAJEMEN LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA SEBAGAI MITRA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19

Anggun Syahdila Darma, NIM.: 18105040081 (2023) ADAPTASI DAN MANAJEMEN LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA SEBAGAI MITRA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI DAN MANAJEMEN LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA SEBAGAI MITRA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19)
18105040081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI DAN MANAJEMEN LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA SEBAGAI MITRA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19)
18105040081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak serius terhadap ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sehingga memaksa lembaga filantropi seperti Dompet Dhuafa untuk beradaptasi dengan perubahan yang signifikan. Pada saat pandemi banyak lembaga-lembaga filantropi Islam yang memberikan bantuan kepada masyarakat salah satunya ialah lembaga Dompet Dhuafa Yogyakarta. Sehingga peneliti tertarik untuk mengulas lebih dalam terkait kontribusi Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam pemberdayaan masyarakat pada saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini membahas mengenai Adaptasi Dan Manajemen Lembaga Dompet Dhuafa Yogyakarta Sebagai Mitra Pemberdayaan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19. Manajemen program Pemberdayaan yang dilakukan dompet dhuafa mempunyai tujuan agar masyarakat yang awalnya sebagai mustahik (orang yang menerima zakat) bisa menjadi muzakki yaitu orang yang berzakat. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap bentuk program pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta pasca pandemi covid-19. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui tentang bentuk manajemen Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam pemberdayaan masyarakat pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dengan adanya penelitian yang dilakukan mampu menjawab permasalahan-permasalahan tentang adaptasi lembaga Dompet Dhuafa dalam manajemen pemberdayaan masyarakat pasca pandemi Covid-19. Adapun responden dalam penelitian ini terdiri dari empat narasumber, staff Knowledge Management yaitu Rosalia Bina pranata P. Supervisor Sosial Development yaitu Imam Hidayat dan penerima manfaat program pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta yaitu ibu Sa’dina Fanani dan bapak Ridwan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons, teori ini digunakan untuk menganalisis adaptasi program pemberdayaan Dompet Dhuafa Yogyakarta serta adaptasi manajemen Dompet Dhuafa Yogyakarta sebelum pandemi, ketika pandemi, dan pasca pandemi COVID-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga Dompet Dhuafa Yogyakarta sebagai lembaga penyalur zakat dapat beradaptasi dibanyak situasi dan kondisi, karena program Dompet Dhuafa bersifat kontinu dan dapat diperbaharui sesuai dengan situasi yang ada di masyarakat. Dompet Dhuafa Yogyakarta telah melakukan berbagai macam program pemberdayaan kepada masyarakat saat covid-19 maupun pasca covid-19. Selain itu Dompet Dhuafa Yogyakarta memiliki Manajemen penghimpunan dana zakat (Fundraising Manajemen) dan telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut terbukti dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan sebagai strategi penghimpunan dana zakat. Hasil dari penghimpunan dana zakat kemudian disalurkan dengan dua metode yaitu konsumtif dan produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: pandemi Covid-19; filantropi islam; dompet dhuafa; pemberdayaan masyarakat
Subjects: Sosiologi Agama
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2024 14:59
Last Modified: 07 Feb 2024 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum