ANALISIS KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KEMENAG 2019 (PERSPEKTIF BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA)

Mike Yunita, NIM.: 16410034 (2023) ANALISIS KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KEMENAG 2019 (PERSPEKTIF BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KEMENAG 2019 (PERSPEKTIF BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA))
16410034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS XII KEMENAG 2019 (PERSPEKTIF BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA))
16410034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya pengaruh ideologi ektremisme di Indonesia yang mempengaruhi corak pemikiran dan perilaku keislaman masyarakat muslim Indonesia akhir-akhir ini. Ideologi ini bahkan juga telah merambah ke lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah yang pada akhirnya mempengaruhi pemahaman dan perilaku keagamaan peserta didik di sekolah. Maka, jika tidak segera direspon dengan baik penulis khawatir fenomena tersebut dapat mempengaruhi perspektif dan sikap keislaman yang terinternalisai dalam diri peserta didik ke depannya. Penulis menyadari bahwa salah satu solusi atas problematika demikian ialah melalui pemahaman keislaman yang moderat dan salah satu indikator penting yang berpengaruh dalam proses pembelajaran peserta didik di sekolah adalah buku teks. Sehingga, kehadiran karya dari M. Quraish Shihab yang berjudul Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama menjadi inspirasi bagi penulis untuk menganalisis lebih lanjut mengenai konsep moderasi beragama dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti dengan perspektif yang pahami oleh M. Quraish Shihab dalam buku Wasathiyyah. Sebagaimana tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis konsep moderasi beragama dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XII Kemenag 2019 melalui perkspektif buku Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan historis-faktual (factual approach). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis konten (content analysis) atau analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: Materi pada bahan ajar buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII maka pada bab I, II, IV, V, VI, VIII, dan X secara implisit ditemukan adanya kandungan nilai-nilai moderasi beragama, sebagaimana perspektif buku Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama yang dikemukakan oleh M. Quraish Shihab. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditemukan penulis terkait dengan asas dan prinsip keadilan, toleransi dan kemaslahatan dalam menjalankan ajaran Islam yang akan menunjang kehidupan duniawi dan ukhrawi umat Islam. Namun karena konsep moderasi beragama disebut bukanlah produk final, sehingga dibutuhkan upaya berkesinambungan untuk penerapan nilai-nilainya dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: moderasi beragama; Buku Teks PAI; Materi PAI.
Subjects: Moderasi Beragama
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:15
Last Modified: 12 Feb 2024 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum