ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU (KAJIAN TEORI AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM) DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI

Savira Putri Kamila, NIM.: 17104010009 (2023) ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU (KAJIAN TEORI AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM) DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU (KAJIAN TEORI AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLĪM) DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI)
17104010009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU (KAJIAN TEORI AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLĪM) DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI)
17104010009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Ini dilatarbelakangi keprihatinan yang dirasakan oleh Ulama Besar yaitu az-Zarnuji dimana pada zaman beliau banyak sekali peserta didik yang menuntut ilmu, tapi tidak dapat mendapat kemanfaatan dari ilmu tersebut. Dari sana penulis ingin meneliti bagaimana kondisi sosial pada saat az-Zarnuji sehingga mengakibatkan peserta didik tidak bisa mendapatkan kemanfaatan ilmu yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial pada zaman az-Zarnuji yang mengakibatkan peserta didik tidak bisa mendapat manfaat dari ilmunya. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library reseach) dengan analisis kualitatif yang mengumpulakn datanya melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah: 1) pertama, niat dalam mencari ilmu; kedua, memilih ilmu, guru, dan teman; ketiga, menghormati ilmu dan guru; keempat, sungguh-sungguh, kontinu, dan memiliki minat yang kuat dalam menuntut ilmu; kelima, tertib (permulaan dan intensitas belajar); keenam, tawakal kepada Allah; ketujuh, pintar memanfaatkan waktu belajar; kedelapan, kasih sayang dan memberi nasihat; kesembilan, istifadah (mengambil manfaat); kesepuluh, wara’ (menjaga diri dari yang syubhad dan haram) pada masa menuntut ilmu; kesebelas, penyebab mudah hafal dan lupa; keduabelas, masalah rezeki dan umur. 2) Kondisi sosial pada zaman az-Zarnuji yang menyebabkan peserta didik mengabaikan adabnya yaitu pertama, karena berkembangnya aliran muktazilah yang amat mengendalikan kemampuan rasio dan logika, sehingga menyebabkan masyarakat pada saat itu lebih mementingkan akal pikiran mereka daripada adab mereka; yang kedua, kemerosotan moral yang terjadi akibat dari banyaknya daerah yang memerdekakan diri dari pusat, ditambah dengan gejolak politik dan perekonomian yang semakin memburuk; yang ketiga, terjadinya perpindahan wilayah geografis sehingga terjadi interaksi intensif antara daerah satu dengan daerah lain. Konflik-konflik yang terjadi pada kondisi sosial pada saat itu memberi dampak yang sangat besar terhadap peserta didik. Sering kali tidak disadari jika kondisi sosial yang buruk akan memberikan pengaruh negatif pada peserta didik, sehingga membuat mereka melibatkannya saat proses menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: adab peserta didik; kondisi Sosial az-Zarnuji; masalh sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:51
Last Modified: 12 Feb 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum