PENGEMBANGAN VIDEO SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

Rizka Fitri Lestari, NIM.: 17104030057 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
17104030057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
17104030057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media yang efektif dalam rangka meningkatkan perkembangan fisik motorik anak. Dimana perkembangan fisik motorik memiliki peran dalam melatih kekuatan otot dan kekuatan tubuh, melatih kelentukan & kelenturan tubuh, melatih kelincahan tubuh, dan mengkoordinasikan gerak otot tubuh dan persendian. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video senam irama untuk membantu meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dari Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu: (1) potensi masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produk akhir. Adapaun subyek penelitian berjumlah 15 anak kelompok B di TK ABA Plembutan Playen Gunungkidul. Adapun untuk mengetahui proses uji coba terbatas dan uji coba pemakaian, peneliti menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menerangkan bahwa: Pertama, pengembangan video senam irama sebagai media meningkatkan perkembangan fisik motorik anak melalui tujuh tahap. Hasil pengembangan pada media ini memperoleh skor kelayakan 85,7% dari ahli materi dan 83,3% dari ahli media. Kedua, dampak dari penggunaan video senam irama memperoleh nilai 87,3%. Sehingga media dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses meningkatkan perkembangan fisik motorik anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: senam irama; fisik motorik; kurikulum pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:56
Last Modified: 12 Feb 2024 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum