PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA UNTUK SMA/MA

‘Afifatun Niswah, NIM:. 17106070043 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA UNTUK SMA/MA)
17106070043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA UNTUK SMA/MA)
17106070043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Era revolusi industri 4.0 menuntut adanya inovasi dan pemanfaatan teknologi salah satunya pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Salah satu hasil produk inovasi bahan ajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu modul elektronik (e-modul) yang bersifat interaktif. Selain itu, keberhasilan dalam suatu pembelajaran juga dipengaruhi adanya komponen pendekatan dalam bahan ajar yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep materi pelajaran yang bersifat abstrak. Bentuk bahan ajar berbasis pendekatan dalam pemanfaatan teknologi yaitu e-modul berbasis kontekstual yang dikembangkan menggunakan Software Flip PDF Professional. Akan tetapi dalam proses pembelajaran yang telah berlangsung belum terdapat pengembangan e-modul berbasis kontekstual menggunakan Software Flip PDF Professional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kimia berbasis kontekstual menggunakan Software Flip PDF Professional pada materi larutan asam dan basa untuk SMA/MA Kelas XI, serta mengetahui kualitas dan respon peserta didik terhadap produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develope, dan disseminate), namun penelitian ini dibatasi sampai tahap develope. Karakteristik e-modul memuat fitur yang disajikan dengan menghubungkan materi pelajaran dan kehidupan peserta didik secara nyata, yaitu terlihat pada fitur “Ayo Membaca”, “Chemist Info” dan “Berburu Literatur”. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer untuk memberikan saran perbaikan. Produk divalidasi oleh satu dosen ahli media dan satu dosen ahli materi yang sekaligus memberikan saran perbaikan untuk selanjutnya dinilai oleh lima reviewer (pendidik bidang studi kimia SMA/MA) dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan skala Likert, sedangkan respon peserta didik menggunakan lembar angket Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian oleh satu dosen ahli media diperoleh persentase keidealan sebesar 95,83%, satu dosen ahli materi diperoleh persentase keidealan sebesar 97,92%, lima reviewer diperoleh persentase keidealan 92,63% dan sepuluh peserta didik SMA/MA diperoleh berdasarkan kriteria penilaian yang diperoleh. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis kontekstual menggunakan Software Flip PDF Professional pada materi larutan asam dan basa untuk SMA/MA kelas XI dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; modul pemebelajaran; Flip PDF Professional; larutan asam dan basa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:13
Last Modified: 12 Feb 2024 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum