PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KETAHANAN KELUARGA PADA GENERASI SANDWICH DESA TAMBAKAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO

Maulidatul Islamiyah, NIM.: 18107020047 (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KETAHANAN KELUARGA PADA GENERASI SANDWICH DESA TAMBAKAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KETAHANAN KELUARGA PADA GENERASI SANDWICH DESA TAMBAKAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO)
18107020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KETAHANAN KELUARGA PADA GENERASI SANDWICH DESA TAMBAKAGUNG KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO)
18107020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Generasi sandwich merupakan seorang individu yang terjepit diantara dua generasi, yakni generasi atas (orang tua) dan generasi bawah (anak-anak). Generasi ini harus memenuhi kebutuhan 2 generasi, seperti kebutuhan sehari-hari, kebutuhan emosional, serta kebutuhan materi. Generasi sandwich yang ada di Desa Tambakagung dituntut untuk multi peran dan tanggung jawab guna memenuhi kebutuhan di dalam keluarga. Melihat banyaknya tuntutan yang ditujukan ke generasi sandwich tentu memicu perasaan tertekan atau menimbulkan dampak psikologis dengan keadaan yang dialami. Seringkali perasaan tersebut memicu pertengkaran dalam rumah tangga atau bahkan mengakibatkan perceraian karena pelaku generasi sandwich kurang mendapat dukungan dari pasangan atau sekitar. Kerentanan yang dialami oleh keluarga generasi sandwich dapat diminimalisir dengan adanya dukungan sosial. Karena dukungan sosial merupakan bentuk bantuan yang diperoleh oleh individu dari orang sekitar yang membuat individu tersebut merasa dihargai, diperhatikan, serta dicintai. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk melihat dan mengetahui seberapa berpengaruh dukungan sosial terhadap ketahanan keluarga pada generasi sandwich. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori kontrol sosial yang disampaikan oleh Travish Hirschi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survey. Data yang didapatkan merupakan hasil dari kuesioner yang disebarkan melalui pesan Whatsaap dalam bentuk google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkna bahwa: 1. Indikator dukungan emosional dalam variabel dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap tingkat ketahanan keluarga pada generasi sandwich sebesar 39,5% dengan signifikansi 0,002 (<0,05); 2. Indikator dukungan penghargaan dalam variabel dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap tingkat ketahanan keluarga pada generasi sandwich sebesar 38,6% dengan signifikansi 0,000 (<0,05); 3. Indikator dukungan instrumental dalam variabel dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap tingkat ketahanan keluarga pada generasi sandwich sebesar 45,4% dengan signifikansi 0,002 (<0,05); 4. Indikator dukungan informatif dalam variabel dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap tingkat ketahanan keluarga pada generasi sandwich sebesar 39,6% dengan nilai signifikasi 0,003 (<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Ketahanan Keluarga, Generasi Sandwich
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:42
Last Modified: 12 Feb 2024 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum