PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO

Nurkhamila, NIM.: 18104080073 (2023) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO)
18104080073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO)
18104080073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menghafalkan Al-Qur’an hukumnya fardu kifayah bagi umat muslim yang artinya kewajiban bersama dan apabila kewajiban ini telah terpenuhi oleh sejumlah orang maka gugurlah kewajiban tersebut dari yang lainnya. Salah satu wadah untuk siswa menghafalkan Al-Qur’an adalah melalui program tahfidz Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh SDIT Ibnu Mas’ud Wates. Akan tetapi terdapat beberapa permasalahan yang terjadi selama proses menghafal Al-Qur’an seperti: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berbeda, 2) cara mendukung serta memotivasi siswa yang berbeda, 3) kemandirian siswa ketika diberi tugas atau pekerjaan rumah bersama orang tua untuk mencapai target hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di SDIT Ibnu Mas’ud Wates, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di SDIT Ibnu Mas’ud Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan jenis penelitian ex post facto dengan variabel bebas (X) peran orang tua dan variabel terikat (Y) hasil belajar tahfidz Al-Qur’an. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV Quba dan kelas IV Nabawi, dengan teknik sampling jenuh. Pengambilan data untuk variabel peran orang tua dengan penyebaran angket melalui google form dan lembar angket, dan untuk variabel hasil belajar tahfidz Al-Qur’an dengan mengambil nilai ulangan tengah semester siswa semester ganjil. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa, dibuktikan dengan hasil analisis yang diperoleh yaitu nilai signifikansi 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 atau (0,001 < 0,05) dan nilai Fhitung sebesar 11,473. Hasil analisis regresi linier sederhana peran orang tua terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa diperoleh persamaan Y = 72,764 + 0,197X, dan memiliki arti bahwa setiap penambahan 1% nilai peran orang tua maka hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa akan bertambah sebesar 0,197. 2) Besar pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an siswa berdasarkan nilai R2 atau R square sebesar 0,196 atau peran orang tua berpengaruh sebesar 19,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Al-Qur’an; hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:53
Last Modified: 13 Feb 2024 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum