MATERI NAHWUDALAMKITAB SYARHMUKHTASAR JIDDAN DAN KITAB SYARHAL-AJURUMIYYAH LIL IMAM AL-‘USAIMIN (STUDI KOMPARASI ASPEK SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, DAN REPETISI PERSPEKTIF MACKEY)

Nauval Aziz, NIM.: 18104020064 (2024) MATERI NAHWUDALAMKITAB SYARHMUKHTASAR JIDDAN DAN KITAB SYARHAL-AJURUMIYYAH LIL IMAM AL-‘USAIMIN (STUDI KOMPARASI ASPEK SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, DAN REPETISI PERSPEKTIF MACKEY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MATERI NAHWUDALAMKITAB SYARHMUKHTASAR JIDDAN DAN KITAB SYARHAL-AJURUMIYYAH LIL IMAM AL-‘US|AIMIN (STUDI KOMPARASI ASPEK SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, DAN REPETISI PERSPEKTIF MACKEY))
18104020064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MATERI NAHWUDALAMKITAB SYARHMUKHTASAR JIDDAN DAN KITAB SYARHAL-AJURUMIYYAH LIL IMAM AL-‘US|AIMIN (STUDI KOMPARASI ASPEK SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, DAN REPETISI PERSPEKTIF MACKEY))
18104020064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan; 2) Mengetahui konsep seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn; 3) Mengetahui komparasi kedua kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini yaitu materi kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan dan kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn dari aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Sumber data diperoleh dari kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan dan kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis isi, meliputi: (1) Pengumpulan data; (2) Penyusunan data sesuai dengan sistematika bahasan; (3) Analisis data dan penarikan kesimpulan hasil penelitian; (4) Penyajian hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari aspek seleksi, sebagian kosakata yang ada pada kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan telah memenuhi prinsip-prinsip seleksi kosakata. Secara umum jenis gradasi yang digunakan ialah gradasi lurus, tetapi terdapat penggunaan gradasi putar pada materi tertentu. Dari aspek presentasi menggunakan prosedur kontekstual. Bentuk repetisi yang digunakan berupa penambahan penambahan i’rab dari contoh materi; 2) Dari aspek seleksi, sebagian kosakata yang digunakan pada kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn telah memenuhi prinsip-prinsip seleksi kosakata. Gradasi yang digunakan ialah gradasi lurus. Dari aspek presentasinya menggunakan prosedur kontekstual. Bentuk repetisi yang digunakan antara lain: suplemen i’rab, latihan-latihan i’rab, dan soal-soal latihan; 3) Persamaan kedua kitab: (a) Sebagian kosakata yang digunakan telah diseleksi sesuai prinsip-prinsip seleksi; (b) Menggunakan gradasi lurus; (c) penata-tingkatan materi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip gradasi; (d) Menggunakan prosedur kontekstual; (e) Terdapat bentuk repetisi penambahan i’rab dari contoh materi. Adapun perbedaannya: (a) Kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan terdapat materi yang menggunakan gradasi putar, kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn secara keseluruhan menggunakan gradasi lurus. (b) Kitab Syarḥ Mukhtaṣar Jiddan terdapat repetisi berbentuk latihan-latihan i’rab dan soal-soal latihan, sedangkan kitab Syarḥ Al-Ajurumiyyah Lil Imām Al-‘Uṡaimīn tidak terdapat bentuk repetisi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Materi Ajar Buku Teks, Tata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:31
Last Modified: 13 Feb 2024 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum