ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Anisa Divani Salma, NIM.: 19104040045 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR)
19104040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR)
19104040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal dirasa penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal supaya tidak terulang kesalahan yang sama. Kesalahan yang dilakukan siswa dipengaruhi oleh karakteristik siswa. Salah satu karakteristik siswa tersebut adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual pada materi perbandingan berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya belajar serta menghasilkan desain pembelajaran guna mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif dan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, angket gaya belajar, dan wawancara. Setelah data kesalahan didapatkan selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan ksimpulan. Hasil kesalahan yang didapatkan dijadikan acuan untuk mengembangkan desain pembelajaran. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa kelas VII dengan ketentuan dua siswa pada masing-masing gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) siswa yang memiliki gaya belajar visual melakukan enam dari delapan jenis kategori kesalahan Watson yang meliputi data tidak tepat, prosedur tidak tepat, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, dan masalah hierarki keterampilan. (2) siswa yang memiliki gaya belajar auditorial melakukan tujuh dari delapan jenis kategori kesalahan Watson yang meliputi data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, masalah hierarki keterampilan, dan selain ke-7 kategori. (3) siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik melakukan seluruh jenis kategori kesalahan Watson. (4) Langkah pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisaskan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevalusi proses pemecahan masalah (5) Langkah pembelajaran tersebut dikembangkan dalam bentuk RPP untuk mengantisipasi kesalahan yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Wed Giyarti, M.Si.dan Dr. Mulin Nu‟man, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Pembelajaran Matematika, Analisis Kesalahan Watson
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:32
Last Modified: 13 Feb 2024 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum