PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN

Muhammad Zainal Abiddin, NIM.: 19104090022 (2023) PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN)
19104090022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN JOGLO ALIT KLATEN)
19104090022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Berbasis Masyarakat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait pendidikan untuk anak yang terjadi di masyarakat, dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini menjelaskan tentang pengelolaan pendidikan masyarakat di Pondok Pesantren Joglo Alit Klaten, dengan memfokuskan bagaimana pengelolaan, bentuk-bentuk pendidikan berbasis masyarakat, serta tantangan dalam mendirikan pendidikan berbasis masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Sumber data penelitian ini yaitu: Pendiri Pondok, Mudir Pondok, Penasehat Pondok, Ketua RW, Warga, dan Santri. Penelitian ini digali dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan cara data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan untuk teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama Pengelolaan Pendidikan Berbasis Masyarakat Pondok Pesantren Joglo Alit. (1)Perencanaan pengelolaan pendidikan di Pondok Pesantren Joglo Alit didasarkan kepada aspirasi dan kebutuhan masyarakat di sana dan biasanya aspirasi masyarakat disampaikan kepada RT atau RW setelah kegiatan tahlil dan pengajian rutinan. (2) Pengorganisasian dilakukan setelah perencanaan dan ada urgensi atas aspirasi yang disampaikan, kemudian masyarakat membentuk kepanitiaan atas kegiatan yang ingin dilakukan. (3) Pengarahan dilakukan hanya kepada Santri dan Pelatih dalam hal jadwal kegiatan. Pondok Pesantren Joglo Alit tidak terlalu mengarahkan masyarakat, dikarenakan masyarakat mempunyai inisiatif tinggi seperti masyarakat paguyuban yang sudah memiliki bagian-bagiannya sendiri. (4)Pengendalian atau Pengawasan Pondok Pesantren Joglo Alit hanya mengendalikan dan mengawasi dilingkup kepengurusan dan kegiata. Jika sudah dilingkup masyarakat luas pengendalian dan pengawasan itu sudah dilaporkan pada RT dan RW. kedua Bentuk-Bentuk Pendidikan Berbasis Masyarakat Pondok Pesantren Joglo Alit secara umum ada 4, yaitu pendidikan keagamaan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan kebudayaan atau kesenian, dan pendidikan keolahragaan. Ketiga Pengelolaan Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Joglo Alit memiliki 3 (tiga) tantangan yaitu ancaman kemiskinan, masalah genetika, dan mental anak. kemiskinan yang dimaksudkan adalah karena penghasilan masyarakat sebelumnya itu penggiat batu bata yang dimana dalam jangka panjang dapat merusak lingkungan pertanian, tantangan genetika seperti gejala stunting pada pertumbuhan anak, dan tantangan mental anak yang dimana mental anak pedesaan yang harus ditingkatkan agar dapat bersaing di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Masyarakat, Manajemen Pendidikan, SDM
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:31
Last Modified: 13 Feb 2024 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum