PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS RADEC UNTUK MAHASISWA MATA KULIAH AL-KALAM PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2023/2024

Ike Fitriana Saraswati, NIM.: 21204022027 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS RADEC UNTUK MAHASISWA MATA KULIAH AL-KALAM PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2023/2024. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS RADEC UNTUK MAHASISWA MATA KULIAH AL-KALA>M PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2023/2024)
21204022027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS RADEC UNTUK MAHASISWA MATA KULIAH AL-KALA>M PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2023/2024)
21204022027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ada bahan ajar mata kuliah al-Kalam di PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dapat membantu mahasiswa mengatasi kendala yaitu, kurangnya penguasaan mahasiswa terhadap kosakata dan penyusunan kalimat bahasa Arab, mengungkapkan ide, gagasan pikiran, pendapat dan pengalamanya dalam bahasa Arab dan kurangnya motivasi serta percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab. Selain itu, pembelajaran saat ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Sehingga dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan e-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis RADEC pada mata kuliah Al-Kalam, 2) mengetahui validitas e-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis RADEC pada mata kuliah Al-Kalam, 3) Mengetahui efektivitas e-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis RADEC pada mata kuliah Al-Kalam. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran, peneliti menggunakan jenis eksperimen True Experiment dengan Postest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga mata kuliah al-Kalam PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Data berupa angka, akan dianalisis menggunakan uji kepraktisan dan uji Independent Sample T-test dengan bantuan IBM SPSS 29. Hasil dari penelitian ini adalah 1) produk e-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis RADEC pada mata kuliah Al-Kalam yang dikembangkan, menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbooks. E-modul ini memuat materi keterampilan al-Kalam semester tiga yang terdiri dari empat belas materi praktik dan disajian dalam bentuk teks bacaan, gambar, audio, dan video dan link website pendukung pembelajaran. 2) Penilaian ahli materi terhadap pengembangan e-modul dikategorikan sangat layak dengan persentase rata-rata 91,16%, adapun penilaian ahli media terhadap pengembangan e-modul dikategorikan sangat layak xix dengan persentase rata-rata 99,33%. 3) Peneliti menguji efektivitas e-modul pembelajaran bahasa Arab berbasis RADEC dengan duji Independent Sample T-test dan uji kepraktisan melalui kuesioner respons mahasiswa.Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan sig.(2-tailed) 0,007 pada kelompok eksperimen, dan 0,006 pada kelompok kontrol yang mana < 0,05. Dengan kata lain, Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-ata yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil kusioner respons terhadap e-modul pembelajaran bahasa Arab pada mata kuliah al-Kalam PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memperolah respons postif dan dikategorikan ―sangat baik‖ untuk digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata 4,82.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Al-Kalam, Model Pembelajaran RADEC
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 09:20
Last Modified: 13 Feb 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum