PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN

Windo Aryati Yunita, NIM.: 18104090053 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN)
18104090053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN)
18104090053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembinaan disiplin bagian dari suksesnya pendidikan di Indonesia. Penanaman sikap disiplin peserta didik yang diterapkan kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana dengan pendekatan positif. Pada masa pandemi covid-19, kepala sekolah mempunyai peran terbesar. Tujuan penelitian: (1) pentingnya disiplin peserta didik; (2) peran kepala sekolah dalam membina disiplin peserta didik pada masa pandemi covid-19; (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan disiplin. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengambilan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu untuk menjamin kredibilitas data. Hasil penelitian: (1) kedisiplinan peserta didik menciptakan suasana nyaman di sekolah, meningkatkan standar perilaku dan kemandirian peserta didik. (2) peran kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana Sumatera Selatan dalam menghadapi masa pandemi covid-19: sosialisasi kepada guru mengenai pencegahan penyebaran virus covid-19 melalui rapat bulanan, kemudian guru menyampaikan kepada peserta didik dan wali murid melalui grub whatsapp, memberlakukan pembelajaran daring atau pembelajaran tatap muka terbatas, melakukan evaluasi. (3) faktor pendukung: izin dari kepala sekolah, kesadaran diri mematuhi tata tertib, keteladanan orangtua dan guru, media pembelajaran daring. Faktor penghambat: kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya minat dan motivasi belajar, waktu penyampaian materi terbatas, dan jaringan internet yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembinaan disiplin; kepala sekolah; Pandemi Covid-19; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:28
Last Modified: 15 Feb 2024 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum