IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SERTA PENYEBABNYA PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 JETIS MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC)

Dyah Ashfarini, NIM.: 18106070029 (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SERTA PENYEBABNYA PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 JETIS MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SERTA PENYEBABNYA PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 JETIS MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC))
18106070029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SERTA PENYEBABNYA PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMA NEGERI 1 JETIS MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC))
18106070029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stoikiometri merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran kimia di SMA yang berisi konsep-konsep dasar untuk memahami konsep kimia yang lain. Sedangkan tidak sedikit peserta didik kelas X yang sulit dalam memahami bahkan mengalami miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi subkonsep yang mengalami miskonsepsi, persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi, serta penyebab miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Jetis yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan instrumen tes diagnostik Four Tier Multiple Choice (4TMC). Pola jawaban, alasan, serta tingkat keyakinan atau confidence rating dari hasil tes Four Tier Multiple Choice (4TMC) kemudian diolah dan dianalisis hingga mendapatkan data miskonsepsi signifikan dari peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan, yaitu terjadi miskonsepsi pada materi stoikiometri khususnya pada subkonsep Hipotesis Avogadro, Hukum Proust (Hukum Perbandingan Tetap), Hukum Dalton (Hukum Perbandingan Berganda), Ar dan Mr, persentase peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Jetis pada materi stoikiometri yang mengalami miskonsepsi sebesar 25,35% dimana tergolong kedalam kategori rendah, serta penyebab dari miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Jetis pada materi stoikiometri ini berasal dari guru, peserta didik, dan buku. Miskonsepsi yang bersumber dari guru berkaitan dengan metode pembelajaran, teknis pembelajaran, dan penyampaian guru. Miskonsepsi yang bersumber dari peserta didik disebabkan karena konsepsi peserta didik yang salah, fenomena algoritmic dependent, kemampuan peserta didik, dan minat peserta didik, dan minat peserta didik yang kurang. Sedangkan miskonsepsi yang bersumber dari buku yaitu adanya konsep yang tidak sesuai pada buku catatan peserta didik. Adanya identifikasi miskonsepsi ini diharapkan menjadi langkah awal dalam rangka meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi stoikiometri serta mencegah terjadinya miskonsepsi yang berkepanjangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi; belajar kognitif; peserta didik; Four Tier Multiple Choice.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:59
Last Modified: 15 Feb 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum