Rizki Ayu Lativah, NIM.: 20107010135 (2025) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI GURU DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI GURU DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20107010135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI GURU DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20107010135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Urgensi dalam penelitian ini adalah meninjau bahwa kemampuan resiliensi guru ini sangat dibutuhkan pada kondisi-kondisi yang sulit dan dalam menghadapi tantangan-tantangan seperti memanajemen kelas, menghadapi perubahan kurikulum, perubahan tata belajar, dan administrasi sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan resiliensi guru di D.I. Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini adalah 211 guru dari 5 kabupaten/kota yang berada di D.I. Yogyakarta, sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan tiga alat ukur yakni Teacher’s Resilience Scal (TRS), Teacher’s Sense of Efficacy Scale (TSES), Revised-Multidimensional Scale of Perceived Social Support (R-MSPSS). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan resiliensi guru di D.I. Yogyakarta (sig. <,001). Adapun besaran pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap resiliensi guru yakni sebesar 31,1%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial dapat berperan dalam peningkatan resiliensi guru dalam menghadapi berbagai tantangan kerja pada profesinya. Selain itu dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa secara parsial efikasi diri dan dukungan sosial memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan resiliensi guru. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rentang usia guru dan resiliensi guru.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Fitriana Widyastuti, S.Psi., M.Psi. |
| Uncontrolled Keywords: | resiliensi guru; efikasi diri; dukungan sosial |
| Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 15 Feb 2024 12:23 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 11:37 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63704 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
