PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN IKAN LAUT DI TPI PANTAI DEPOK BANTUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

Nia Habibatul aula, NIM.: 18106080032 (2023) PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN IKAN LAUT DI TPI PANTAI DEPOK BANTUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN IKAN LAUT DI TPI PANTAI DEPOK BANTUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA)
18106080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN IKAN LAUT DI TPI PANTAI DEPOK BANTUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA)
18106080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman ikan laut yang terdapat di TPI Pantai Depok, serta untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas atlas keanekaragaman ikan laut. Penelitian ini terdiri dari penelitian atlas keanekaragaman ikan laut di TPI Pantai Depok dan pengembangan atlas keanekaragaman ikan laut Pantai Depok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Peneliutian ini menggunakan pendekatan eksploratif kualitatif dan dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation), namun pada penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap development saja. Penelitian ini menghasilkan penemuan berupa 21 spesies ikan laut yang terbagi dalam 15 famili. Atlas yang telah disusun kemudian divalidasi dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Produk divalidasi oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 1 guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan oleh 30 siswa kelas X MAN 3 Bantul. Hasil penilaian kualitas atlas keanekaragaman ikan laut di TPI Pantai Depok oleh ahli materi mendapatkan persentase 91,67% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli media mendapatkan persentase 75% dengan kategori “Baik”, guru Biologi mendapatkan persentase 97,05% dengan kategori “Sangat Baik”, serta respon siswa mendapatkan nilai 89,01% dengan kategori “Sangat Baik”. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atlas yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: atlas; keanekaragaman ikan laut; ADDIE
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 12:25
Last Modified: 15 Feb 2024 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum