PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Dina Aulia, NIM: 18106090039 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK)
18106090039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK)
18106090039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran Augmented Reality adalah media pembelajaran yang menggabungkan objek buatan computer baik dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata di sekitar pengguna secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, (2) Mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan Teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik statistic nonparametrik yaitu Uji Mann-Whitney dan Normalized gain (N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik (2) Media pembelajaran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan effect size didapatkan adalah 0,354 kategori sedang. Hasil ini media pembelajran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir ; Induksi Elektromagnetik; media pembelajaran; pembelajaran fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 12:38
Last Modified: 15 Feb 2024 12:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum