STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

Syarifah Zaidah, NIM.: 19104010018 (2023) STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING)
19104010018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRES AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING)
19104010018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya tuntutan yang tinggi bagi mahasiswa untuk belajar secara mandiri selama proses penyusunan skripsi yang bersifat individual. Hal ini tak jarang menjadikan mahasiswa menjumpai peluang, tantangan, dan hambatan yang berdampak munculnya rasa tidak tenang dan khawatir, sehingga rentan mengalami stres. Salah satu faktor yang dapat mengendalikan stres akademik mahasiswa adalah kemampuan dalam mengatur strategi dalam proses belajar, hal ini ditandai dengan kemampuan mengatur belajar agar lebih efektif dan efisien serta mampu untuk fokus terhadap tujuan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan stres akademik dengan self regulated learning mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam yang sedang menyusun skripsi dari angkatan 2016-2019, dengan sampel penelitian 77 mahasiswa dari angkatan 2019. Data diambil menggunakan penyebaran skala. Uji hipotesis dilakukan menggunakan teknik analisis Chi Kuadrat, dengan bantuan aplikasi SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat stres mahasiswa mayoritas berkategori sedang. 2) Self regulated learning mahasiswa mayoritas berkategori tinggi. 3) Hasil uji hipotesis variabel stres akademik dengan self regulated learning menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-sided) pada uji Chi Kuadrat adalah sebesar 0,000. Dan nilai Chi Kuadrat 125,364 > 9,488. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu ada perbedaan variabel stres akademik dengan self regulated learning mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Pd., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: tesis; stres akademik; Self Regulated Learning; self imposed
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 12:43
Last Modified: 15 Feb 2024 12:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum