DAMPAK AUDIOBOOK MANUSKRIP CARITA PARAHIYANGAN DALAM YOUTUBE SINTA RIDWAN TERHADAP LITERASI BUDAYA SUNDA DI KALANGAN SUBSCRIBER AKTIF

Muhamad Syahrul Mubarok, NIM.: 21200012043 (2024) DAMPAK AUDIOBOOK MANUSKRIP CARITA PARAHIYANGAN DALAM YOUTUBE SINTA RIDWAN TERHADAP LITERASI BUDAYA SUNDA DI KALANGAN SUBSCRIBER AKTIF. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK AUDIOBOOK MANUSKRIP CARITA PARAHIYANGAN DALAM YOUTUBE SINTA RIDWAN TERHADAP LITERASI BUDAYA SUNDA DI KALANGAN SUBSCRIBER AKTIF)
21200012043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK AUDIOBOOK MANUSKRIP CARITA PARAHIYANGAN DALAM YOUTUBE SINTA RIDWAN TERHADAP LITERASI BUDAYA SUNDA DI KALANGAN SUBSCRIBER AKTIF)
21200012043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas Dampak Audiobook Manuskrip Carita Parahiyangan dalam YouTube Sinta Ridwan terhadap Literasi Budaya Sunda di Kalangan Subscriber Aktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui manajemen dan tahapan produksi Audiobook Manuskrip Carita Parahiyangan, serta dampak dari adanya Audiobook Manuskrip Carita Parahiyangan pada literasi budaya Sunda di kalangan subscriber aktif Sinta Ridwan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Eli M Noam berupa organizational structure, risk reduction dan product development, serta teori cultur lagh dari Ogburn berupa invention, accumulation, diffusion, dan adaptation. Pemilihan informan menggunakan teknik snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber dan tringulasi teknik serta menggunakan uji kredibilitas dengan member check. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menemukan 1) Manajemen produksi Audiobook Manuskrip Carita Parahiyangan pada konsep pertama, organizational structure masih belum ada struktur organisasi yang jelas, namun produksinya dilakukan Sinta Ridwan bersama tim. Konsep kedua pada proses risk reduction atau pengurangan resiko yaitu sudah menyesuaikan target penonton dan melakukan diversifikasi melalui media Instagram. Terakhir pada konsep product development dilakukan dengan menyiapkan konsep, melakukan tahapan produksi. 2) Tahapan produksi dilakukan dengan tahap a) pra-produksi yaitu menyiapkan foto-foto Manuskrip Carita Parahiyangan oleh Sinta Ridwan, b) produksi yaitu berupa penyuntingan teks dan perekaman pembacaan Manuskrip Carita Parahiyangan oleh tim, c) pra-produksi yaitu editing konten dan editing cover. 3) Dampak pada literasi budaya sunda yaitu adanya pengalaman baru dalam pencarian dan belajar Manuskrip Carita Parahiyangan melalui audiobook dalam YouTube Sinta Ridwan. Belajar manuskrip melalui audiobook, menghasilkan pemahaman dari banyaknya kosakata bahasa Sunda kuno seperti kata sia, manèh, aing dan kata èwe. Pengalaman baru ini, dalam kacamata Ogburn dapat terjadi setelah melewati empat elemen yaitu, a) invention, b) accumulation, c) diffusion, d) adaptation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., S.S., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Audiobook, Manuskrip Carita Parahiyangan, YouTube Sinta Ridwan, Literasi Budaya Sunda
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Literasi Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:53
Last Modified: 15 Feb 2024 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum