KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI VARIABEL PREDIKTOR AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Uswatun Hasanah, NIM.: 19104010073 (2023) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI VARIABEL PREDIKTOR AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI VARIABEL PREDIKTOR AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI VARIABEL PREDIKTOR AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini kerap kali dihebohkan dengan berita tentang penyimpangan akhlak peserta didik. Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang signifikan dalam mengajarkan nilai- nilai moral peserta didik. Kompetensi kepribadian guru PAI menjadi faktor penting dalam membimbing siswa untuk memahami tentang nilai- nilai agama Islam dan pembiasaan moral yang baik. Berdasarkan hasil observasi kompetensi kepribadian guru sudah baik yaitu sudah memberikan teladan yang baik bagi peserta didik dan menegur ketika peserta didik melanggar peraturan. Namun dalam realitanya, masih terdapat peserta didik yang menyimpang akhlaknya seperti terlambat ke sekolah, berkata kotor, dan mencontek ketika ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat akhlak peserta didik kelas VI dan tingkat kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam, serta untuk menguji secara empiris kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel prediktor akhlak peserta didik kelas VI SDIT Salsabila Baiturrahman Prambanan tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dgunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDIT Salsabila Baiturrahman Prambanan Klaten yang berjumlah 85 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yaitu skala kompetensi kepribadian guru PAI dan skala akhlak peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) tingkat akhlak peserta didik berada pada kategori baik dengan nilai mean 70,835, nilai standar deviasi 7,836, dan N=85. 2) tingkat kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam berada pada kategori baik dengan nilai mean 83,765, nilai standar deviasi 7,913, dan N=85. 3) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dapat sebagai variabel prediktor akhlak peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji ANOVA diperoleh nilai F sebesar 44,313 dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Maka berdasarkan hasil tersebut model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel akhlak peserta didik yang artinya kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dapat sebagai variabel prediktor akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: kepribadian Guru PAI; akhlak; peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2024 13:05
Last Modified: 15 Feb 2024 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum