PROBLEMATIKA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG BERKEMBANG DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SAMBENG KELURAHAN PONCOSARI KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Shafly M. Fakhri, NIM.: 19104010090 (2023) PROBLEMATIKA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG BERKEMBANG DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SAMBENG KELURAHAN PONCOSARI KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG BERKEMBANG DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SAMBENG KELURAHAN PONCOSARI KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL)
19104010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA DAN NILAI-NILAI RELIGIUS YANG BERKEMBANG DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SAMBENG KELURAHAN PONCOSARI KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL)
19104010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan dalam pembiasaan shalat dzuhur berjamaah siswa kelas 5 di MI Ma’arif Sambeng Kelurahan Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Namun demikian, masih dijumpai beberapa permasalahan sehingga pembiasaan shalat dzuhur berjamaah siswa kelas 5 di MI Ma’arif Sambeng belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dua persoalan yakni problematika dan nilai-nilai religius yang berkembang dalam shalat dzuhur berjamaah siswa kelas 5 di MI Ma’arif Sambeng Kelurahan Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis datanya yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Problematika dalam pembiasaan shalat dzuhur berjamaah diantaranya yaitu a) kurang maksimalnya pendampingan, b) waktu yang terbatas, c) fasilitas yang kurang memadai, dan d) latar belakang siswa yang berbeda-beda. Adapun tindakan guru untuk menangani siswa yang tidak ikut menjalankan shalat dzuhur berjamaah yakni dengan memberikan arahan siswa untuk melaksanakan shalat secara sendiri atau jamaah dan melalui pendekatan kepada siswa secara khusus. 2) Nilai-nilai religius yang dapat dikembangkan diantaranya yaitu a) religius penghayatan, b) religius pengamalan, c) religius keyakinan, d) religius peribadatan, dan e) religius pengetahuan. Kelima dimensi tersebut juga cukup relevan dan dapat berkembang terhadap siswa kelas 5 di MI Ma’arif Sambeng Kelurahan Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; nilai-nilai religius; shalat Dzuhur berjamaah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 13:42
Last Modified: 16 Feb 2024 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum