IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B5 RA MASYITHOH KARANGANOM PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Rini Melawati, NIM.: 19104030001 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B5 RA MASYITHOH KARANGANOM PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B5 RA MASYITHOH KARANGANOM PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
19104030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B5 RA MASYITHOH KARANGANOM PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
19104030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sekolah memiliki peran penting dalam menanamkan atau mentranmisikan nilai-nilai ideologi tertentu berkaitan dengan hubungan lembaga pendidikan. Ideologi yang ingin dikembangkan didalam proses pembelajaran anak usia dini, diantaranya adalah pembelajaran aswaja. Pembelajaran aswaja merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai aswaja kepada kalangan anak muda, remaja khususnya pelajar. Penanaman nilai-nilai sangat baik jika dimulai sejak anak usia dini, sehingga nilai-nilai tersebut dapat mengalami proses internalisasi secara intensif. adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Kelompok B5 RA Masyithoh Karanganom Pleret Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggali sumber data dari kepala sekolah dan guru wali kelas B5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Tringulasi yang digunakan yaitu tringulasi data dan tringulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran aswaja di RA Masyithoh Karanganom dilakukan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dalam pembelajaran dimulai dari kurikulum sekolah, kemudian RPPM dan RPPH. Untuk pelaksanaan implementasi pembelajaran aswaja dilakukan dalam proses pembelajaran dan pembiasaan-pembiasaan dan untuk penilaian dalam implementasi pembelajaran aswaja dilakukan oleh pendidik menggunakan skala percapaian perkembangan anak.(2) faktor pendukung implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom antara lain: kurikulum madrasah, pengajar/guru, lingkungan yang mendukung, fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: teman yang usil, dan kesehatan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd. I., MA.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aswaja; guru; kurikulum madrasah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:25
Last Modified: 20 Feb 2024 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum