PENERAPAN LAGU-LAGU RELIGI DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH MOJOSARI

Badriyatul Munawaroh, NIM.: 19104030073 (2023) PENERAPAN LAGU-LAGU RELIGI DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH MOJOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN LAGU-LAGU RELIGI DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH MOJOSARI)
19104030073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN LAGU-LAGU RELIGI DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH MOJOSARI)
19104030073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

RA Masyithoh Mojosari merupakan lembaga pendidikan yang berada di Desa Mojosari, Wonolelo, Pleret, Bantul. Di RA Masyithoh Mojosari, banyak diajarkan lagu religi dalam pembelajarannya, yang diharapkan dapat merubah karakter pada anak supaya menjadi lebih baik. Dalam hal ini, terdapat 12 anak sudah menunjukkan sikap nilai agama dan moral yang cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan perilaku anak yang sopan saat berbicara dengan guru maupun teman, dan anak yang bersikap patuh saat diberikan instruksi, namun masih terdapat 5 anak yang belum berperilaku baik. Maka menarik untuk diteliti fungsi dari penerapan lagu religi dalam mengembangkan moral dan nilai agama anak usia dini pada kelompok B di RA Masyithoh Mojosari. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi mendalam dengan kepala sekolah, wali kelas dan orang tua siswa untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan lagu religi dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk moral kuat dan pemahaman yang mendalam tentang nilai agama pada anak usia dini. Lagu dengan pesan moral dan nilai agama yang kuat, mampu menyentuh hati dan jiwa anak yang membantu mereka dalam memahami konsep etika, kebaikan, dan rasa hormat terhadap sesama. Selain itu, anak dapat mempraktikkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti kejujuran, kerjasama, dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bahtiar Arbi, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: moral anak; lagu religi; nilai agama
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:32
Last Modified: 20 Feb 2024 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum