PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS OUTDOOR STUDY PADA KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KADISONO PAJANGAN BANTUL

Ro’inatul Mukaromah, NIM.: 19104030081 (2023) PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS OUTDOOR STUDY PADA KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KADISONO PAJANGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS OUTDOOR STUDY PADA KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KADISONO PAJANGAN BANTUL)
19104030081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS OUTDOOR STUDY PADA KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KADISONO PAJANGAN BANTUL)
19104030081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pembelajaran yangdilakukan di luar kelas atau dengan melibatkan alam secara langsung yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan terhadap pembelajaran yang dilakukan di dalam ruang kelas. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan pembelajaran Outdoor Studypadakelompok A di RA Masyithoh Kadisono. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian pada kelompok A di RA Masyithoh Kadisono mengungkapkan bahwa(1) Pembelajaran anak berbasis outdoor study terbagi menjadi dua jenis, yaitu bersifat rutinan dan bersifat puncak tema.Pengelolaan program pembelajaran berbasis outdoor study tersebut melalui tahap-tahap dalam konsep manajemen yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang akan menjadi program berkelanjutan setiap tahun pelajaran. Tahap perencanaan meliputi penyamaan persepsi outdoor study, menentukan tujuan outdoor study, penyusunan program outdoor study. Tahap pengorganisasian meliputi pembagian tugas, sosialisasi outdoor study, dan merancang perangkat pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi pelaksanaan kegiatan, pengalokasian waktu kegiatan, penilaian perkembangan anak, dan dokumentasi kegiatan. Tahap evaluasi meliputi evaluasi kegiatan dan laporan kegiatan. (2) Program pembelajaran berbasis outdoor study pada kelompok A di RA Mayithoh Kadisono dapat mengembangkan aspek perkembangan anak yang meliputiaspek agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, serta seni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: outdoor study; pembelajaran anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:09
Last Modified: 21 Feb 2024 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum