PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL KERITO SURONG UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Arini Nafisa Helmiyah, NIM.: 19104050020 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL KERITO SURONG UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL KERITO SURONG UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
19104050020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL KERITO SURONG UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
19104050020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan E-modul berbasis permainan tradisional merupakan salah satu inovasi terbaru sebagai sumber pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satunya ialah penggunaan E-modul berbasis permainan tradisional Kerito Surong guna mengatasi konsep materi fisika yang sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Permainan Tradisional Kerito Surong untuk Peserta Didik SMA/MA, (2) Mengetahui kualitas EModul Usaha dan Energi Berbasis Permainan Tradisional Kerito Surong untuk Peserta Didik SMA/MA, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Permainan Tradisional Kerito Surong untuk Peserta Didik SMA/MA. Penelitian ini manggunakan desain penelitian (Research and Development) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini dibatasi sampai tahap develop yaitu pada tahap uji coba luas. Responden pada tahap uji coba terbatas sebanyak 10 peserta didik dari kelas XI MIPA 4 dan pada uji coba luas sebanyak 24 peserta didik dari kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar validasi, lembar penilaian, lembar angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan. E-modul divalidasi oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Penilaian validasi produk menggunakan skala Aiken’s V dengan 3 skala. Sedangkan penilaian kualitas e-modul menggunakan skala likert dengan 4 skala. Selanjutnya untuk angket respon peserta didik dan uji keterlaksanaan produk juga menggunakan skala likert dengan 4 skala. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan e-modul usaha dan energi berbasis permainan tradisional Kerito Surong untuk peserta didik SMA/MA, (2) Kualitas e-modul usaha dan energi berbasis permainan tradisional untuk peserta didik SMA/MA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru fisika SMA memproleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan rerata skor masing-masing sebesar 3,47; 3,73; dan 3,75, (3) Respon uji coba terbatas peserta didik adalah Sangat Setuju (SS) dengan rerata skor 3,25 dan uji coba luas peserta didik adalah Setuju (S) dengan rerata skor 3,23. Penilaian keterlaksanaan e-modul memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 3,61. Dengan demikian, pengembangan E-modul usaha dan energi berbasis permainan tradisional Kerito Surong layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: E-modul Fisika; bahan ajar; smartphone; peserta didik
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:17
Last Modified: 21 Feb 2024 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63828

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum