PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Alfiana Hafizhah Nur Athifah, NIM.: 19104050037 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK)
19104050037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK)
19104050037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan e-modul fisika berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; 2) mengetahui kualitas e-modul fisika berbasis STEM-PjBL; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul fisika berbasisi STEM-PjBL; serta 4) mengetahui peningkatan peningkatan kemampuan pemecahan peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika berbasis STEM-PjBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, Disseminate . Dalam penelitian ini dibatasi pada tahap Develop. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi, lembar penilaian kualitas, lembar respon peserta didik, lembar tes, dan lembar keterlaksanaan. Adapun rancangan penelitian untuk penilaian kualitas e-modul menggunakan skala Likert, respon peserta didik menggunakan skala Guttman, untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design dimana data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Normalitas N-Gain Score dan uji effect size serta untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Interjudge Aggreement (IJA). Hasil penelitian ini berupa e-modul fisika berbasis STEM-PjBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kualitas produk menurut penilaian ahli materi dan guru fisika SMA memiliki kualitas Baik (B) dengan rerata skor masing-masing sebesar 3,59 dan 3,23, sedangkan penilaian ahli media memperoleh skor sebesar 3,23. Respon peserta didik pada uji coba terbatas menunjukan respon Setuju (S) dengan skor 0,95. Keefektifan produk menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta dalam kriteria sedang dengan skor 0,45 dan memiliki pengaruh yang sangat kuat dengan dengan skor effect size sebesar 1,24. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukan bahwa hampir seluruh kegiatan terlaksana dengan baik dengan nilai IJA > 75%. Kesimpulan yang dapat digarisbawahi dari hasil penelitian ini adalah pengembangan e-modul fisika berbasis STEM-PjBL efektif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Kartika, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: E-modul; pemecahan masalah; STEM-PjBL
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:36
Last Modified: 21 Feb 2024 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63830

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum